Penulis / NIM
FIDRIYANINGSIH RAIS / 614409076
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. AMIR HALID, SE, M.Si / 0009017205
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
ABSTRAK
Fidriyaningsih Rais “614409076” 2013 Efisiensi Pemasaran Daging Sapi di Pasar Kota Gorontalo dibawah bimbingan Amir Halid dan Yuriko Boekosoe.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran daging sapi di Pasar Sentral Kota Gorontalo dan untuk mengetahui efisiensi pemasaran daging sapi di Pasar Sentral Kota Gorontalo. Dilaksanakan pada Bulan April – Juni 2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pedagang daging sapi dengan menggunakan kuisioner/daftar pertanyaan dan data sekunder yang diperoleh dari Kantor Dinas Pasar Sentral dan BPS. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, dimana pengambilan sampel secara sengaja. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif saluran pemasaran dan marjin pemasaran, distribusi marjin, farmer’s share dan elastisitas trasmisi harga.
Hasil analisis data menunjukan bahwa pemasaran daging sapi di Pasar Sentral Kota Gorontalo terdapat dua bentuk saluran pemasaran daging sapi yaitu saluran I dan saluran II. Saluran I dari peternak ke pedagang tempat pemotongan sapi, kemudian ke pedagang Pasar Sentral dan samapai ke konsumen akhir. Saluran II yaitu dari peternak langsung ke pedagang Pasar Sentral kemudian langsung dijual ke konsumen akhir. Untuk itu saluran yang efisien berada pada saluran I dan yang tidak efisien berada pada saluran II berdasarkan nilai marjin dan farmer;s share, sedangkan elastisitas harga menyatakan bahwa saluran pemasaran daging sapi di Pasar Sentra tidak efisien menyebabkan perubahan harga ditingkat peternak.
Kata kunci : Analisis, efisiensi, pemasaran, daging sapi
Download berkas