Dr. AMIR HALID, SE, M.Si / 0009017205
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Aspek-aspek Lingkungan yang berpengaruh pada strategi pengembangan Rumah Makan Ullan di Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo, serta melihat strategi-strategi yang cocok digunakan dalam pengembangan usaha Rumah Makan Ullan, baik dari faktor internal maupun faktor eksternal.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September - November tahun 2013 dengan menggunakan metode study kasus. Data yang dikumpulkan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara. Pemilihan responden (sample) yang digunakan pada penelitian ini adalah 1 orang yaitu pemilik Rumah makan Ullan. Dari Kecamatan telaga dan terpilih Rumah Makan Ullan. Kemudian Analisis dilakukan dengan menggunakan Analisis SWOT.Hasil Analisis data menunjukkan bahwa, kekuatan perusahaan antara lain, Menawarkan makanan dengan cita rasa bumbu yang khas, Memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik perhatian pengunjung, Harga yang ditawarkan sebanding dengan kepuasan konsumen. Sedangkan kelemahan perusahaan antara lain, Tidak menawarkan menu hidangan yang berpariasi, Penyajian makanan yang tidak tepat waktu. Peluang bagi perusahaan antara lain, Semakin banyak pesaing membuat Rumah makan Ullan semakin berinovasi, Memiliki langganan tetap dalam mendapatkan bahan baku utama, Adanya bantuan pemerintah. Sedangkan ancaman yang dihadapi oleh Rumah Makan Ullan antara lain, Munculnya usaha yang sejenis sehingga tingkat persaingan semakin tinggi, Kenaikan harga bahan baku.Kata Kunci :Strategi, Pengembangan, Analisis SWOT, Rumah Makan Ullan