Penulis / NIM
SRI SILVIA THALIB / 614409091
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. AMIR HALID, SE, M.Si / 0009017205
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) saluran pemasaran pada usahatani cabai rawit di Desa Bulontala Kecamatan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango, 2) analisis margin pemasaran dan farmer share pada usahatani cabai rawit di Desa Bulontala Kecamatan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango.
Penelitian dilaksanakan di Desa Bulontala Kecamatan Suwawa Selatan dari bulan Oktober sampai bulan November Tahun 2013. Metode yang digunakan metode survei yaitu pengumpulan data berdasarkan wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampel jenuh yaitu 15 orang petani dan pedagang 10 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan analisis margin pemasaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemasaran cabai rawit di Desa Bulontala hanya terdapat dua saluran yaitu saluran pemasaran langsung dan tidak langsung. Saluran pemasaran langsung adalah penyaluran cabai rawit dari produsen ke konsumen dengan tidak melalui perantara dan saluran pemasaran tidak langsung adalah penyaluran cabai rawit dari produsen, ke pedagang pengecer ke konsumen. Margin pemasaran cabai rawit di Desa Bulontala adalah Rp. 5.900/kg.
Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran.
Keterangan :
*) Mahassiswa
**) Tim Pembimbing
Download berkas