Penulis / NIM
RIRISAFITRI YANTU / 614410018
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. MAHLUDIN H. BARUWADI, MP / 0011076507
Pembimbing 2 / NIDN
AMELIA MURTISARI, SP, M.Sc / 0028978601
Abstrak
ABSTRAK
Ririsafitri Yantu "614410018". Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Tepung Kelapa (Studi Kasus : Pada PT Tri Jaya Tangguh Di Desa Isimu Raya Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo , dibawah bimbingan Bapak Mahludin Baruwadi dan Ibu Amelia Murtisari.
Nilai tambah merupakan penambahan nilai suatu komoditi hasil pertanian akibat adanya proses produksi terhadap komoditi tersebut. Salah satu cara meningkatkan nilai tambah adalah melalui proses produksi pengolahan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui sistem pengolahan tepung kelapa, untuk menganalisis nilai tambah ekonomi yang diperoleh dari proses produksi pengolahan tepung kelapa dan strategi pemasaran tepung kelapa. Pengambilan sampel yaitu bertemu secara langsung dengan pimpinan atau manejer perusahaan dengan menggunakan analisis Metode Hiyami.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses produksi berpengaruh terhadap nilai tambah pada tepung kelapa dan memiliki nilai ekonomi saat dipasarkan. Pada tingkat harga minimal Rp. 14.950 /Kg dengan nilai tambah sebesar Rp. 28.786,28 kg dan rasio 0,83%, Dengan demikian dapat disimpulkan yaitu : proses pengolahan tepung kelapa masih tergolong sederhana, yaitu dari tahap pemipilan kelapa yang masih utuh dan yang sudah pecah masih dilakukan secara manual dan tahap proses pemasakan tepung kelapa masih menggunakan teknologi yang terbilang sedehana yaitu bahan bakarnya menggunakan tempurung (batok kelapa). IFAS faktor kekuatan mempunyai total nilai skor 1,975 sedang, kelemahan mempunyai total nilai skor 3.825 dan EFAS faktor strategi eksternal yaitu peluang mempunyai total skor nilai 1,525, sedang ancaman mempunyai tatal nilai skor 1,8.
Kata Kunci: Tepung Kelapa, Nilai Tambah, Strategi Pemasaran
Download berkas