Penulis / NIM
MELAN TOLANA / 614410030
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
SUPRIYO IMRAN, SP, M.Si / 0030097508
Pembimbing 2 / NIDN
RIA INDRIANI, SP, M.Si / 0026057506
Abstrak
This study aims to determine 1) Added Value Analysis, 2) Channel Marketing, and 3) Stick Corn Marketing Margins in SMEs Flamboyan Gorontalo. This study was carried on in the Village Moodu, District East, Gorontalo city implemented in May-July 2014.
The analysis method used in this research is a case study method is a comprehensive data collection methods, the determination of where the research is done deliberately, as for the type of data used are primary data and secondary data with observation techniques and recording interviews. Data analysis method used is the analysis of value-added product value is reduced by the value of raw materials and other supporting materials, and marketing margins.
The results showed that the added value enjoyed by owners of SMEs Flamboyan gross added value of Rp. 82.368 million, net added value of Rp. 80.8955 million and value added per raw materials Rp. 57 200 per kilogram of raw material used. This added value is obtained by agro-industry profits corn sticks in one kilogram of raw material usage. While the large number of value-added work pertenaga Rp. 14,300 / Jko.
Ie marketing channels marketing channels directly and indirectly. While margins pemasaraan corn sticks in UKM Flamboyan Gorontalo City Rp 1,500.
Keywords: Added Value, Margin Marketing, Stick Corn, UKM
Penelitian Skripsi dalam menyelesaikan studi pada Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo.
** Mahasiswa
*** DosenPembimbing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Analisis Nilai Tambah, 2) Saluran Pemasaran, dan 3) Margin Pemasaran Stick Jagung di UKM Flamboyan Kota Gorontalo. Penelitian ini di laksanakan di Kelurahan Moodu, Kecamatan Timur, Kota Gorontalo di laksanakan pada bulan Mei-Juli tahun 2014.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yaitu metode pengumpulan data secara komprehensif, penentuan tempat penelitian dilakukan secara sengaja, adapun jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder dengan tehnik observasi wawancara dan pencatatan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis nilai tambah yaitu nilai produk dikurangi dengan nilai bahan baku dan bahan penunjang lainnya, dan margin pemasaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai tambah yang dinikmati pemilik UKM Flamboyan yaitu nilai tambah bruto sebesar Rp. 82.368.000, nilai tambah netto sebesar Rp. 80.895.500 dan nilai tambah per bahan baku sebesar Rp. 57.200 per kilogram bahan baku yang dimanfaatkan. Nilai tambah ini merupakan keuntungan yang didapatkan oleh agroindustri stick jagung dalam satu kilogram penggunaan bahan baku. Sedangkan besarnya jumlah nilai tambah pertenaga kerja sebesar Rp. 14.300/JKO.
Saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran langsung dan tidak langsung. Sedangkan margin pemasaraan stick jagung di UKM Flamboyan Kota Gorontalo sebesar Rp 1.500.
Kata kunci : Nilai Tambah, Margin Pemasaran, Stick Jagung, UKM
Download berkas