SKRIPSI

Penulis / NIM
ZULKIFLI BAU / 614410094
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
WAWAN K TOLINGGI, SP, M.Si / 0029057801
Pembimbing 2 / NIDN
AMELIA MURTISARI, SP, M.Sc / 0028978601
Abstrak
ABSTRAK Zulkifli Bau 614 410 094, "Strategi Pegembangan Home Industri Roti Di UKM Ariefanti Kabupaten BoneBolango". Dibawah bimbingan Wawan K Tolinggi dan Amelia Murtisari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan home industri roti Ariefanti yang berada di Kabupaten Bone Bolango, mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang berpengaruh dalam pengembangan usaha industry roti, menganalisis alternatif strategi pengembangan dan memilih strategi yang tepat untuk segera diterapkan. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini studi kasus, dengan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kekuatan utama dari home industri ini yaitu dengan kualitas produk yang dihasilkan sesuai dengan selera konsumen hal ini terlihat dengan adanya jumlah kuantitas produk yang meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, selain itu dengan adanya kepercayaan masyarakat pada home industri ini membuat home industri roti ini sudah memiliki pelanggan yang tetap untuk memasarkan produknya.Sedangakan kelemahan dalam menjalankan usaha ini belum diterapkanya diversifikasi produk dan labelisasi produk yang belum lengkap karna belum terbitnya surat izin usaha yang dijalankan. Peluang utama adalah adanya pemanfaatan teknologi terkini untuk pengembangan usaha produksi roti dan adanya kemitraan yang terjalin dengan penyedia bahan baku. Sedang ancaman utama dalam perkembangan usaha ini yaitu kondisi perekonomian yang tidak stabil dan munculnya usaha sejenis yang menpengaruhi tingkat persaingan. (2), analisis strategi SWOT menghasilkan formulasi strategi S-O, W-T, S-T, dan W-T. Berdasarkan matiks QSPM menunjukan bahwa untuk mengembangkan usaha ini perusahaan harus dapat lebih mengfokuskan dengan menjaga kualitas dan melakukan diversifikasi produk baik dari segi rasa dan bentuk produk untuk mempertahankan peluang dengan adanya pelanggan yang tetap setia mengkonsumsi produk ini. Serta menggunakan dan memanfaatkan teknologi terkini dalam melakukan pengembangan usaha ini. Kata kunci : UMKM, Strategi pengembangan, Analisis SWOT,QSPM.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011