Penulis / NIM
RIZKI SYAMSUL POLAPA / 614411025
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Ir. ASDA RAUF, M.Si / 0006076203
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AMIR HALID, SE, M.Si / 0009017205
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis efisiensi saluran pemasaran jagung di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo, dilaksanakan sejak bulan Januari sampai Mei 2018. Metode yang digunakan adalah metode survey yang merupakan pengumpulan data berdasarkan wawancara dan observasi. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan Custer Sampling (Area Sampling). Data primer adalah data yang diperoleh dari wawancara dan hasil survey langsung dari petani Jagung dengan melakukan penelitian langsung dan data sekunder diperoleh dari berbagai buku, Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo, BP3K Kecamatan Pulubala, makala-makala seminar, dan jurnal penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung. Saluran pemasaran langsung terdiri dari produsen/petani ke konsumen akhir sedangkan saluran pemasaran langsung terdiri dari produsen/petani ke pedagang besar/pengumpul dan terakhir ke eksportir/konsumen akhir. Kedua saluran pemasaran tersebut dinyatakan efisien karena memiliki nilai efisien saluran pemasaran lebih besar dari 1%. Saluran pemasaran langsung memiliki 2.63% dan saluran pemasaran tidak langsung memiliki 4.70%.
Kata Kunci :Pemasaran,Saluran Pemasaran,Efisiensi Pemasaran,Jagung
Download berkas