Penulis / NIM
TOTO SURIAWAN DJANU / 614411048
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
AMELIA MURTISARI, SP, M.Sc / 0028978601
Pembimbing 2 / NIDN
WAWAN K TOLINGGI, SP, M.Si / 0029057801
Abstrak
Toto Suryawan Djanu, "614411048" 2016 Strategi Pengembangan Kopi Bubuk UD Sakura Kota Kotamobagu (Studi Kasus Di UD Kopi Bubuk Sakura) Dibawah Bimbingan Amelia Murtisari dan Wawan K. Tolinggi.
Penelitian Bertujuan Untuk 1) mengetahui faktor internal dan eksternal pada UD Sakura Kota Kotamobagu. 2) untuk mengatahui strategi apa yang harus diterapkan dalam pengembangan UD Sakura Kota Kotamobagu. 3) mengetahui strategi pemasaran Kopi Bubuk pada siklus hidup produk di Kota Kotamobagu. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Juni-Juli 2016 di Kota Tenga Gogagoman Kota Kotamobagu.
Metode penelitian menggunakan metode survei,yakni pengumpulan data melalui wawancara. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan Studi Kasus dengan tekhnik analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT.
Hasil penelitian adalah Kekuatan Adalah keunggulan produk, Kelemahannya adalah kegiatan promosi yang belum efektif. Peluang yang dimiliki oleh UD Sakura adalah produk UD Sakura memilki peluag untuk dipasarkan keluar daerah Kotamobagu hal ini didasarkan pada permintaan melalui pesanan, Ancaman yang dimilki adalah munculnya usaha yang sejenis Strategi SO, mempertahankan keunggulan produk strategi WO, memperluas pemasaran produk UD Sakura. Strategi ST, dan memperluas wilayah pemasaran. Strategi WT, masih menggunakan kemasan sederhana. Fase kematangan teridiri dari produk, harga, dan promosi. Fase dimana kopi bubuk yang diproduksi oleh UD Sakura itu pemasarannya ke luar daerah dan masyarakat umum,dan harga yang ditetapkan Rp 5.000/bks dan tetap melakukan promosi agar menarik pelanggan, dan produk UD Sakura ini hanya dilakukan berdasarkan pesanan.
Kata Kunci : Strategi, Agroindustri, Kopi Bubuk UD Sakura, Analisis SWOT
Download berkas