Penulis / NIM
YUSNIAWATI KAI / 614412002
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. MAHLUDIN H. BARUWADI, MP / 0011076507
Pembimbing 2 / NIDN
WAWAN K TOLINGGI, SP, M.Si / 0029057801
Abstrak
ANALISIS DISTRIBUSI DAN MARGIN PEMASARAN
USAHATANI KACANG TANAH DI KECAMATAN PULUBALA
KABUPATEN GORONTALO (*)
Yusniawati Kai (**); Mahludin Baruwadi (***); Wawan K. Tolinggi (***)
Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Tingkat pendapatan usahatani kacang tanah di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo, 2) Distribusi pemasaran usahatani kacang tanah di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo, 3) Margin pemasaran usahatani kacang tanah di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Penelitian dilakukan di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo dari bulan Agustus sampai dengan bulan November 2016 dengan jumlah sampel 55 orang petani dan 10 orang pedagang. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey. Analisis data yang digunakan yaitu analisis pendapatan, analisis distribusi dan analisis margin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat pendapatan petani berdasarkan status kepemilikan lahan pada usahatani kacang tanah yaitu untuk petani pemilik dan penggarap pendapatan rata-rata sebesar Rp. 2.964.608,08 dengan rata-rata per hektar Rp. 3.631.856,07. Sedangkan pendapatan petani penggarap sebesar Rp.2.930.753,97 dengan nilai rata-rata per hektar sebesar Rp. 2.567.083,77. Saluran pemasaran untuk usahatani kacang tanah di Kecamatan Pulubala terdapat 3 saluran yaitu dari saluran pemasaran I terdiri dari petani pedagang pengumpul pedagang besar konsumen. Saluran pemasaran II terdiri dari petani pedagang pengumpul pedagang pengecer konsumen. Saluran pemasaran III terdiri dari petani konsumen. Margin pemasaran pada saluran I sebesar Rp.12.500 dan pada saluran II Rp. 12.000. Margin tertinggi diperoleh pada saluran pemasaran I yaitu pedagang besar sehingga mengakibatkan bagian yang diterima petani semakin sedikit dibandingkan dengan pedagang. Saluran III tidak memiliki margin karena merupakan saluran langsung. Sehingga saluran yang paling menguntungkan produsen adalah saluran pemasaran III.
Kata Kunci : Kacang Tanah, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran
*) Judul skripsi
**) Mahasiswa Jurusan Agribisnis
***) Tim Pembimbing
Download berkas