Penulis / NIM
VINDY VEBRIRAMA HIDAYAT / 614412009
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. AMIR HALID, SE, M.Si / 0009017205
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP
LOYALITAS NASABAH KREDIT USAHA RAKYAT (KUR)
PADA PT. BRI (Persero) Tbk. UNIT ANDALAS
CABANG GORONTALO (*)
Vindy Vebrirama Hidayat(**); Amir Halid (***); Yuriko Boekoesoe (***)
Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan secara simultan terhadap loyalitas nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT. BRI (Presero) Tbk. Unit Andalas Cabang Gorontalo. 2). Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan secara simultan terhadap loyalitas nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT. BRI (Presero) Tbk. Unit Andalas Cabagng Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Bank Rakyat Indonesia Kantor Unit Andalas Cabang Gorontalo mulai bulan September sampai bulan Oktober. Metode yang digunakan adalah survey. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling, dengan jumlah sampel 60 nasabah. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menujukkan hasil analisis regresi berganda pengaruh kualitas pelayanan secara simultan variabel tangibles (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiviness (daya tanggap), assurance (jaminan kepastian), empathy (empati) memberikan pengaruh positif dan nyata terhadap loyalitas nasabah dengan nilai Fhitung diperoleh 8,516 dengan nilai signifikan adalah (0.000) dan pengaruh kualitas pelayanan secara parsial variabel responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan kepastian), empathy (empati) memberikan pengauh positif dan nyata terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikan lebih kecil dari (0,05), sedangkan variabel tangibles (bukti langsung), reliability (kehandalan) berpengaruh negatif dan tidak nyata terhadap loyalitas nasabah dengan nilai signifikan lebih besar dari (0,05). Hasil Koefisien determinasi (R2) sebesar (0,441) hal ini berarti terdapat 44,1% kontribusi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy terhadap loyalitas nasabah dan 55,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Nasabah
*) Judul skripsi
**)Mahasiswa Jurusan Agribisnis
***) Tim Pembimbing
Download berkas