Penulis / NIM
HENDRO PRAYETNO K. MODJO / 614412038
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Ir. ASDA RAUF, M.Si / 0006076203
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
ABSTRAK
Hendro Prayetno K Modjo, 2019. Analisis Saluran Pemasaran Ubi Kayu di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Dibimbing Oleh Asda Rauf Sebagai Pembimbing I Dan Yuriko Boekoesoe Sebagai Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui saluran pemasaran ubi kayu yang ada di Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. (2). Menganalisis efisiensi pemasaran ubi kayu di Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei, analisis deskriptif, analisis margin pemasaran dan efisiensi pemasaran. hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga pola saluran pemasaran yang tejadi di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone bolango. Pada saluran pemasaran I total biaya pemasaran Rp7.5 per kg, total keuntungan pemasaran Rp 17.5 per kg dan margin pemasaran Rp. 25 per kg. untuk saluran pemasaran II total biaya pemasaran sebesar Rp. 47.4 per kg, total keuntungan pemasaran Rp. 11.19 per kg dan margin sebesar Rp.58,82 per kg. Efisiensi pemasaran secara ekonomis jika dilihat dari ketiga saluran pemasaran yang ada di kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango maka saluran pemasaran I merupakan saluran pemasaran ubi kayu yang paling efisien karena pada saluran I tingkat penrimaan petani yang merupakan produsen ubi kayu adalah sebesar 94,54 % angka ini merupakan angka presentasi tertinggi dari II saluran pemasaran yang ada di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Kata kunci : petani,ubi kayu,saluran pemasaran,efisiensi pemasaran
ABSTRACT
Hendro Prayetno K Modjo, 2019.Analysis of Cassava Marketing Channels in District Tilongkabila Bone Bolango District. Guided by Asda Rauf As a Supervisor I and Yuriko Boekoesoe As Advisor II.
The purpose of this study were (1) Determine the marketing channels of cassava in Sub Tilongkabila, Bone Bolango District. (2). Analyzing the marketing efficiency of cassava in Sub Tilongkabila, Bone Bolango District. research method used is survey method, descriptive analysis, analysis of marketing margin and marketing efficiency. research shows that there are three patterns of marketing channels that occurred in District Tilongkabila Bone Bolango District. On the first marketing channel Rp7.5 total marketing costs per kg, the total profit of US $ 17.5 per kg marketing and marketing margins Rp. 25 per kg. for the second marketing channel total marketing costs Rp. 47.4 per kg, total marketing gain Rp. 11:19 per kg and a margin of Rp.58,82 per kg.
Keywords : farmers, cassava, channel marketing, marketing efficiency
Download berkas