Penulis / NIM
BETRIS YASIN / 614412057
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
YANTI SALEH, SP, M.Pd / 0024047102
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
SALURAN PEMASARAN IKAN LAYANG DELES
(Decapterus Macrosoma)
(Studi Kasus PPI Tenda Kota Gorontalo)(*)
Betris Yasin (**); Yanti Saleh (***); Yuriko Boekoesoe (***)
Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui saluran pemasaran ikan layang deles di Kota Gorontalo Kelurahan Tenda; 2) Mengetahui margin pemasaran ikan layang deles di Kota Gorontalo Kelurahan Tenda, dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2016. Analisisdata yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis margin pemasaran digunakan untuk mengrtahui besarnya margin pemasaran yang di peroleh. Hasil peneltian ini adalah 1) Kegiatan pemasaran ikan layang deles di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tenda Kota Gorontalo terdapat 3 bentuk saluran pemasaran yang dimana lembaga - lembaga yang terkait dalam saluran pemasaran adalah nelayan, pedagang besar, pedagang pengecer, dan pedagang keliling. 3 bentuk saluran pemasaran yang ada di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Tenda Kota Gorontalo ,saluran I (nelayan, pedagang besar, pedagang pengecer, pedagang keliling dan konsumen), saluran II (nelayan, pedagang besardan konsumen), saluran III (nelayan, dan konsumen). 2) Jumlah margin yang diperoleh masing - masing saluran yaitu saluran I sebesar Rp.6.700 terdiri dari margin pedagang besar sebesar Rp.1.700, pedagang pengecer Rp. 4.700, dan pedagang keliling Rp.6.700. dan untuk saluran III tidak mempunyai margin karena tidak melalui lembaga pemasaran atau perantara yang dimana nelayan menjual langsung ikan layang deles pada konsumen. Sehingga saluran pemasaran III ini dapat dikatakan menguntungkan bagi nelayan. Perbedaan margin pemasaran yang di peroleh dari masing-masing lembaga di pengaruhi oleh besarnya biaya yang di keluarkan oleh masin-masing lembaga.
Kata Kunci : Saluran dan margin pemasaran
*) Judulskrispi
**)MahasiswaJurusanAgribisnis
***) Tim Pembimbing
Download berkas