Penulis / NIM
ANDRI LAHAY / 614413082
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRWAN BEMPAH, S.P., M.P. / 9909003945
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AMIR HALID, SE, M.Si / 0009017205
Abstrak
ANALISIS SALURAN PEMASARAN CABAI RAWIT
DI DESA MOMALIA II KECAMATAN POSIGADAN
KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN (*)
Andri Lahay (**) Irwan Bempah (***) Amir Halid (***)
Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana karakter dan perilaku lembaga pemasaran cabai rawit; 2) Bagaiamana saluran pemasaran cabai rawit; 3) Berapa besar margin dan distribusi margin pemasaran cabai rawit. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Momalia II Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sejak pada bulan Juni sampai dengan bulan Agustus 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survey. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dimana data primer yang diperoleh dari 30 petani dan 1 pedagang sedangkan data sekunder diperoleh dari kantor desa, BPS Provinsi Sulawesi Utara. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling (sengaja). Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis margin dan distribusi margin pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) karakter lembaga pemasaran cabai rawit terdapat satu golongan pedagang saja yaitu pedagang biasa, dan perilaku dari pedagang pengumpul adalah dengan membeli hasil panen cabai rawit dari petani (produsen) kemudian mengambil keuntungan sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh pengecer, dan pedagang pengecer adalah lembaga yang berhubungan langsung dengan konsumen akhir untuk membeli dan menjual kembali hasil beli dari dari pedagang pengumpul dengan tujuan mengambil keuntungan yang lebih banyak lagi; 2) Terdapat satu saluran pemasaran, yaitu saluran pemasaran tidak langsung; 3) margin pemasaran sebesar Rp.18.000 dan Distribusi margin pemasaran adalah 88,89% dari margin pemasaran.
Kata Kunci : Karakter dan Perilaku, Saluran Pemasaran dan Margin.
*) Judul Skripsi
**) Mahasiswa Jurusan Agrbisnis
***) Ketua dan Anggota Pembimbing
Download berkas