Penulis / NIM
REKAWATI BOBIHU / 614414014
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. MAHLUDIN H. BARUWADI, MP / 0011076507
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA STIK JAGUNG PADA
USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) LESTARI
DI DESA BARAKATI
Rekawati Bobihu**); Mahludin Baruwadi dan Yuriko Boekoesoe**)
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo Jl Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo 96128
Email: bobihoeeka@gmail.com, HP: 081241908768
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui; 1).Faktor Lingkungan Internal dan Lingkungan Eksternal usaha Stik Jagung dan 2).Strategi Pengmbangan Usaha Stik Jagung pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Lestari di Desa Barakati. Metode yang digunakan adalah metode Survei. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil Penelitian menunjukkan; 1).Faktor internal usaha stik jagung: kekuatan yang ada di UMKM Lestari yaitu Produk yang memiliki banyak rasa, Pelatihan khusus untuk karyawan, Ketersediaan bahan baku utama, Produk tanpa bahan pengawet, Menerapkan standar GMP/SOP, Harga yang murah, Kegiatan Produksi menggunakan teknologi, Loyalitas terhadap konsumen, dan Kemampuan bermitra dengan stockholder. Sedangkan kelemahan yang ada di UMKM Lestari adalah Lokasi usaha selalu banjir, Kegiatan promosi yang belum efektif, Tidak memiliki hak paten, dan bentuk kemasan kurang menarik. Faktor eksternal usaha stik jagung : peluang yang akan nanti ada d UMKM Lestari yaitu Konsumsi terhadap makanan jadi, Peningkatan jumlah penduduk, Pertumbuhan ekonomi daerah, Perkembangan teknologi dan Ekspansi usaha. Sedangkan ancaman yang ada di UMKM Lestari yaitu Produk sejenis, Meningkatnya harga bahan baku utama, Meningkatnya tarif transportasi, adanya pesaing dari UMKM lainnya, perubahan selera konsumen dan System regulasi dan perpajakan. 2).Strategi pengembangan usaha Stik Jagung di UMKM Lestari berdasarkan diagram SWOT pada posisi kuadran III, maka strategi yang terpilih adalah kombinasi strategi S-T yaitu: 1). Diversifikasi produk , 2). Membuat surat kemitraan dengan petani jagung.
Kata kunci : Stik Jagung, Strategi Pengembangan
*) Judul Skripsi
**) Mahasiswa jurusan Agribisnis
***) Tim Pembimbing
Download berkas