Penulis / NIM
BAYU RIZKI MOPUTI / 614414032
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
WAWAN K TOLINGGI, SP, M.Si / 0029057801
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UKM FLAMBOYAN DI KOTA GORONTALO(*)
Bayu Rizki Moputi(**); Wawan K. Tolinggi(***); Yuriko Boekoesoe(***).
Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo.
ABSTRAK
Pertumbuhan perindustrian di Provinsi Gorontalo telah mengalami perubahan kemajuan pada setiap sektor usaha, tercatat pada tahun 2017 terdapat 36.465 unit usaha tersebar di Gorontalo. Peneltian ini bertujuan 1) Mengetahui inovasi produk apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pada UKM Flamboyan di Kota Gorontalo. 2) Menganalisis variabel apakah yang paling mempengaruhi keputusan pembelian pada UKM Flamboyan di Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret - april 2018 di UKM Flamboyan. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan survey dengan analisis data menggunkan analisis deskriptif kualitatif, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Variabel kualitas produk berpengaruh positif tetapi belum cukup signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Flamboyan dengan nilai thitung 1,202. 2) Variabel varian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Flamboyan dengan nilai thitung 3,816. 3) Variabel desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Flamboyan dengan nilai thitung 2,621. Koefisien determinasi (R2) = 0,552 yang menunjukkan 55,2% pengaruh kualitas produk, varian produk, desain produk dan 44.8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
Kata kunci : deskriptif kualitatif, regresi linier berganda, inovasi produk.
*) Judul Skripsi
**) Mahasiswa Jurusan Agribisnis
***) Tim Pembimbing
THE INFLUENCE OF PRODUCT INNOVATION TOWARDS BUYING DECISION
IN FLAMBOYAN, KOTA GORONTALO
Bayu Rizki Moputi (**); Wawan K. Tolinggi (***); Yuriko Boekoesoe (***)
Agribusiness Department, Agriculture Faculty, State University of Gorontalo
ABSTRACT
The industry growth in gorontalo province has had a progressive change in the sector, written in 2017, there was 36.465 unit spread around gorontalo. The research aimed at 1) knowing the kinds of product innovation that influenced buying decision in ukm flamboyan kota gorontalo. 2) analyzing most variables that could influence buying in ukm flamboyan kota gorontalo. It was coundected in marc-april 2018 in ukm flamboyan kota gorontalo. The method of this research used survey that data analysis used descriptive study, and double liniear regression analysis. The result of this research showed that 1) product quality influeced positively but it was not significant on product buying decision in ukm flamboyan with the value tcount 1.202. 2) the varible of product variance influenced positively and significantly toward the product buying decision in ukm flamboyan with the value tcount 3. 816. 3) design variable of product influenced positively and significantly toward the product buying decision in ukm flamboyan with the value tcount 2. 621. Determinant coeficients (R2) = 0.552 that showed 55.2 % influenced to product quality, product variance, product design and 48,8 % be influenced by other factor could not be reseached.
Keyword: qualitative descriptive, double liner regression, product innovation
*) the title of skripsi
**) a student of agribusiness departement
***) team of supervisor
Download berkas