Penulis / NIM
MUH. ADITYA WIRFAHYADI / 614414040
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. AMIR HALID, SE, M.Si / 0009017205
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
ANALISIS SALURAN PEMASARAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN KOMODITASOLAHAN KOPI PINOGU DI WARKOP PINOGU MURNIKOTA GORONTALO
Muh A Wirfahyadi**); Amir Halid dan Yuriko Boekoesoe**)
Jurusan Agribisnis, fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui; Margin pemasaran Kopi Pinogu di warkop Pinogu Murni dan Strategi Pengmbangan pemasaran Kopi Pinogu di Warkop Pinogu Murni. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Margin Pemasaran dan analisis SWOT. Informan penelitian berjumlah 5 orang, yaitu Pemilik Warkop, Karyawan, Konsumen, Petani, dan pedagang besar dari Kopi Pinogu. Hasil Penelitian menyatakan; Analisis Margin pemasaran di warkop Pinogu Murni hanya memperoleh 1 pola saluran pemasaran yaitu dari petani disalurkan kepada pedagang besar kemudian kepada warkop dan akhirnya mencapai konsumen akhir sehingga menghasilkan total margin sebesar Rp. 30.000 untuk kopi dalam bentuk bubuk sedangkan untuk bentuk seduh menghasilkan total margin sebesar Rp. 410.000, hal ini dikarenakan Kopi Pinogu di warkop Pinogu Murni sudah mengalami berbagai proses berupa pengolahan kopi, penambahan bahan baku seperti gula, susu, creamer, biaya distribusi, dan fasilitas penunjang Warkop.Strategi pengembangan pemasaran Kopi Pinogu di Warkop Pinogu Murni berdasarkan diagram SWOT pada posisi kuadran I, maka strategi yang terpilih adalah kombinasi strategi S-O yaitu: 1). Peningkatan retensi pelanggan, 2). Pembangunan sistem berbasis komputer.
Kata kunci : Kopi Pinogu, Strategi Pengembangan
*) Judul Skripsi
**) Mahasiswa jurusan Agribisnis
***) Tim Pembimbing
Download berkas