SKRIPSI

Penulis / NIM
ALUN NUSI / 614414080
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Ir. ASDA RAUF, M.Si / 0006076203
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
ANALISIS SALURAN PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN LEMBAGA PEMASARAN BERAS DI DESA BULOTALANGI KECAMATAN BULANGO TIMUR Alun Nusi (**): Asda Rauf (***); Yuriko Boekoesoe (***) Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo Jl Jend Sudirman No. 6 Kota Gorontalo 96128 Email :alunnusi321@gmail.comHp : 085255871349 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis saluran pemasaran dan keuntungan lembaga pemasaran beras di Desa Bulotalangi Kecamatan Bulango Timur. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bulango Timur, dilaksanakan sejak bulan april sampai juni 2018. Metode yang digunakan adalah metode survey yang dilakukan untuk mengkaji sampel-sampel yang dipilih dari populasi.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sistem Probability Sampling.Data primer adalah data yang diperoleh dari pengamatan langsung dilapangan dan wawancara dengan pedagang beras sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi terkait dan buku-buku, dokumen maupun jurnal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran yaitu pemasaran langsung dan pemasaran tidak lamgsung.Saluran Pemasaran langsung terdiri dari pedagang/produsen ke konsumen akhir sedangkan saluran tidak langsung terdiri dari pedagang/produsen ke pedagang pengumpul ke pedagang besar ke pedagang pengecer dank e konsumen akhir. Saluran pemasaran langsung mempunyai keuntungan Rp 47.500/50 kg sedangkan pemasaran tidak langsung mempunyai keuntungan sebesar Rp 50.700/50 kg khusus pedagang besar dan khusus pedagang pengecer mempunyai keuntungan sebesar Rp 10.500/50 kg. Kata Kunci :Pemasaran, Saluran Pemasaran, Keuntungan Pedagang Beras *) Judul Skripsi **) Mahasiswa Jurusan Agribisnis ***) Tim Pembimbing ANALYSIS OF MARKETING CHANNELS AND PROFITS OF RICE MARKETING INSTITUTIONS IN BULOTALANGI VILLAGE, BULANGO TIMUR DISTRICT AlunNusi (**): AsdaRauf (***); Yuriko Boekoesoe (***) Agribusiness Department, Agriculture Faculty, Gorontalo State University Jl Jend Sudirman No. 6 Gorontalo City 96128 Email: alunnusi321@gmail.com HP: 085255871349 The study aims to identify and analyze the marketing channels and profits of rice marketing institutions in Bulotalangi Village, East Bulango District. This research was conducted in the East Bulango District, held from April to June 2018. The method used is a survey method that is carried out to examine selected samples from the population. The sampling technique is done by the Probability Sampling system. Primary data is data obtained from direct observations in the field and interviews with rice traders while secondary data is obtained from relevant agencies and books, documents and journals. The results showed that there were two marketing channels, namely direct marketing and indirect marketing. Direct marketing channels consisted of traders / final consumers while the indirect channels consisted of traders / producers of large-scale traders and retailers to end consumers. The direct marketing channel has a profit of Rp. 47,500 / 50 kg while indirect marketing has a profit of Rp. 50,700 / 50 kg specifically for large traders and retailers specifically have a profit of Rp. 10,500 / 50 kg. Keywords: Marketing, Marketing Channels, Benefits of Rice Traders *) Thesis title **) Agribusiness Department Students ***) Advisory Team
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011