Penulis / NIM
BAMBANG TRIANTO DAMA / 614414081
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Ir. ASDA RAUF, M.Si / 0006076203
Pembimbing 2 / NIDN
YANTI SALEH, SP, M.Pd / 0024047102
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi faktor eksternal dan faktor internal yang ada dalam menjalankan usaha dan 2) Menyusun strategi pengembangan pemasaran usaha produk roti pada Halimas Bakery di Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT melalui beberapa tahapan yaitu pembobotan menggunakan tabel IFE dan EFE. Hasil penelitian yaitu: 1) Aspek-aspek yang ada pada lingkungan internal, antara lain; (a) Kualitas produk/menu, (b) Harga jual produk, (c) Fasilitas fisik, (d) Sarana dan prasarana penunjang, (e) Pelayanan konsumen, dan 2) Aspek-aspek pada lingkungan eksternal, yaitu; (a) Ketersediaan bahan baku, (b) Persaingan usaha, (c) Kondisi ligkungan sosial, ekonomi dan budaya, (d) Perkembangan teknologi (e) Kebijakan pemerintah dan ketersediaan lembaga permodalan. Posisi usaha Dâ€Philocoffee berada pada posisi kuadran I (agresif), sehingga strategi yang baik digunakan adalah Strategi SO; yaitu: 1)melakukan promosi yang lebih intensif dengan memperkenalkan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Halimas Bakery, 2) memaksimalkan penggunaan teknologi untuk keberlangsungan usaha, 3) menjaga kestabilan harga produk dengan melakukan kerja sama yang baik dengan produsen dan pemasok bahan baku produksi, 4) memanfaatkan tersedianya lembaga permodalan untuk memenuhi kebutuhan modal dalam pengembangan usaha.
Kata Kunci :Strategi, Pengembangan, Pemasaran, Usaha Roti, dan SWOT
ABSTRAK
the research aims to: 1) identify internal and external factors in running the business, and 2) create a marketing development strategy for Halimas Bakery in Gorontalo City. Method applied in this research is a survey and employs primary and secondary types of data. The technique of data analysis uses SWOT through few stages, which are weighting applying IFE and EFE tables. The research findings are: 1) aspects in internal environment includes: (a) product/ menu quality, (b) product selling price, (c) physical facility, (d) supporting facility and infrastructure, and (e) consumer service, and 2) aspects in external environment which are; (a) raw material availability. (b) business competition, (c) social, economic, and culture environment condition, (d) technological advancement, and (e) government policy and capital institution existence. The position of D'Philocoffee business is in quadrant I (aggressive) so that the appropriate strategy to use is SO, which comprises: 1) performing a more intensive promotion by introducing various excellences of the Halimas Bakery, 2) maximizing the use of technology for the business continuity, 3) maintaining the stability of product price by building good cooperation with producer and production raw material supplier, and 4) utilizing the existence of capital institution to meet the capital need in the business development.
Keywords: Strategy, Development, Marketing, Bakery, and SWOT
Download berkas