Penulis / NIM
AHMAD NOVRIJAL NAKII / 614415039
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Ir. ASDA RAUF, M.Si / 0006076203
Pembimbing 2 / NIDN
YANTI SALEH, SP, M.Pd / 0024047102
Abstrak
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK PERTANIAN DALAM BERBELANJA
DI PASAR MODERN DAN PASAR TRADISIONAL
DI KOTA GORONTALO
Ahmad Novrizal Nakii *) 1), Asda Rauf 2), Yanti Saleh2)
1) Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Ir. B.J Habibie, Moutong, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, 96119
Email : Ahmadnovrizal11@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh simultan dan parsial dari keempat variabel harga, pelayanan, kualitas produk, dan lokasi terhadap preferensi konsumen terhadap produk pertanian dalam berbelanja di pasar modern dan pasar tradisional di Kota Gorontalo. Metode pengambilan sampel adalah dengan menggunakan Accidental Sampling dengan 50 sampel. Penelitian ini menggunakan analisis Regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi komputer SPSS versi 25. berdasarkan hasil analisis pengaruh secara simultan terhadap variabel harga (X1), pelayanan (X2), kualitas produk (X3), dan lokasi (X4) berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen terhadap produk pertanian dalam berbelanja di pasar modern dan pasar tradisional di Kota Gorontalo, karena nilai Fhitung > Ftabel atau 15,108 > 3,20. Sedangkan untuk Hasil analisis pengaruh secara parsial menunjukan bahwa variabel harga (X1) dan kualitas produk (X3), berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja di pasar modern dan pasar tradisional, karena kedua variabel ini memiliki thitung > ttabel 2,01410, sedangkan variabel pelayanan (X2) dan lokasi (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen dalam berbelanja di pasar modern dan pasar tradisional, karena kedua variabel ini memiliki thitung < ttabel 2,01410.
Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Pasar Modern dan Pasar Tradisional, Produk Pertanian.
Download berkas