Penulis / NIM
NAHRIYATI USMAN / 614415069
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. AMIR HALID, M.Si / 0009017205
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRWAN BEMPAH, S.P., M.P. / 0015017212
Abstrak
ABSTRAK
NAHRIYATI USMAN. 2020. â�Å"Strategi Pengembangan Sambal Roa Di UKM Flamboyan Kota Gorontaloâ�Â. Skripsi. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo, 2020. Pembimbing I Prof. Dr. Amir Halid, SE., M.Si, Pembimbing II Dr. Irwan Bempah, SP.,MP.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha sambal Roa di UKM Flamboyan Kota Gorontalo dan menyusun strategi pengembangan usaha sambal Roa di UKM Flamboyan kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di UKM Flamboyan di Kelurahan Moodu, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo dari bulan September-Oktober 2019. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (strengths. weaknesses, opportunities, threats). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan : (1) Faktor Internal meliputi: Kekuatan yang ada di UKM Flamboyan yaitu 1) memiliki pelanggan tetap, 2) lokasi usaha strategis, 3) Promosi online 4) kualitas produk. Kelemahan di UKM Flamboyan diantaranya: 1) Kurangnya stok bahan baku, 2) Kurangnya jumlah tenaga kerja, 3) Pencatatan keuangan masih manual. Faktor terdiri dari peluang dan ancaman. Peluang yang dimiliki diantaranya 1) Permintaan cenderung meningkat 2) Kebijakan pemerintah mendukung UKM Flamboyan 3) Perkembangan teknologi informasi 4) Hubungan yang baik dengan distributor. Ancaman yang dimiliki diantaranya 1) Adanya pendatang baru, 2) Selera Konsumen berubah, 3) Kenaikan harga bahan baku dan bahan pelengkap/pendukung 4) Persaingan antar UKM. (2) Strategi pengembangan usaha sambal Roa di UKM Flamboyan yaitu berada pada kuadran I mendukung strategi agresif atau S-O 1) Mempertahankan kualitas dan rasa produk sambal Roa dengan menangkap peluang permintaan yang cenderung meningkat. 2) Mempertahankan strategi promosi saat ini yang memanfaatkan media internet internet dan memanfaatkan peluang promosi yang bisa dilakukan dengan mengikuti pameran yang diadakan oleh pemerintah agar produk lebih dikenal oleh konsumen.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Sambal Roa, Analisis Swot
Download berkas