Penulis / NIM
RISKA MEIKAWATI SULEMAN / 614415108
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUPRIYO IMRAN, SP, M.Si / 0030097508
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
ABSTRAK
RISKA MEIKAWATI SULEMAN, 2022. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Agibisnis Universitas Negeri Gorontalo. Oleh Bapak Supriyo Imran selaku pembimbing I dan Ibu Yuriko Boekoesoe selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepedulian Mahasiswa Program Studi Agribisnis dalam memperhatikan label halal pada kemasan produk pangan pada saat mengambil keputusan pembelian. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk mie instan pada mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data adalah angket dalam bentuk google forms online yang didistribusikan melalu media sosial WhatsApp, dengan jumlah sampel 78 responden. Alat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linierits, uji regresi sederhana, uji koefisien determinasi ( R square), dan uji t. Dengan menggunakan program SPSS Versi 16. Penelitian menunjukkan bahwa labelisasi halal memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian hal ini dibuktikan dengan diperoleh hasil pengukuran regresi dengan terbentuknya persamaan; keputusan pembelian = 35,282 + 0,375 Labelisasi Halal + e dapat disimpulkan bahwa labelisasi halal memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pada uji t menyatakan bahwa, labelisasi halal memiliki thitung > ttabel (3.183 >1,991) dan tingkat signifikansi < ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������± (0,000 < ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������± (0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya labelisasi halal memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun hasil koefisien determinasi (R square) sebesar 0,118 hal ini berarti variasi variabel keputusan pembelian produk mie instan pada Mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Negeri Gorontalo dapat dijelaskan oleh variabel labelisasi halal sebesar 11,8%, dimana sisanya 88,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci : Label Halal, Mahasiswa, Keputusan Pembelian
Download berkas