Penulis / NIM
SUGIYATNO HUMOLUNGO / 614416038
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. AMIR HALID, M.Si / 0009017205
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
ABSTRAK
Sugiyatno Humolungo. 614416038. 2022. Strategi Pemasaran Komoditas Beras Di Pasar Telaga Kabupaten Gorontalo. Dibawah bimbingan Amir Halid dan Yuriko Boekoesoe.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Strategi Pemasaran Komoditas Beras di Pasar Telaga Kabupaten gorontalo. Penelitian ini dilakukan di Pasar Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo mulai bulan Desember sampai Bulan Februari Tahun 2021 dengan jumlah sampel 15 orang Pedagang Pasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Eksisting dan Analisis SWOT. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi pemasaran beras dipasar Telaga dilakukan dengan cara mempengaruhi pembeli melalui kontak langsung dengan pembeli ketika ada yang membeli. (direct transaction). 2) strategi pemasaran yang digunakan diantaranya: 1. strategi produk, yaitu produk yang langsung didapatkan dari petani dengan melihat aspek kualitas yang baik, 2. strategi harga yaitu dimana para pedang memberikan harga yang sewajarnya dan dapat disepakati oleh pembeli. 3. Strategi pelayanan yaitu strategi dimana para pedagang berusaha memberikan dan menunjukan kesopanan dan keramahtamahan kepada pembeli. 4. Strategi tempat yaitu dimana para pedang mengambil tempat jualan yang banyak dilalui atau pun dikunjungi oleh pembeli.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pedagang Beras, Analisis SWOT.
Download berkas