Penulis / NIM
SINTIA ABBAS / 614416052
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Ir. ASDA RAUF, M.Si / 0006076203
Pembimbing 2 / NIDN
Dr RIA INDRIANI, SP, M.Si / 0026057506
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran jagung di Desa Monggupo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, 2) untuk mengetahui berapakah farmers share yang diterima petani jagung di Desa Monggupo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini dilakukan di Desa Monggupo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara pada bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan melakukan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis farmers share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) saluran pemasaran jagung di Desa Monggupo memiliki 2 saluran pemasaran yang berlaku. Saluran I yaitu: Petani ����¯�¿�½" Pedagang Besar ����¯�¿�½" Antar Pulau dan saluran pemasaran II yaitu: Petani ����¯�¿�½" Pedagang Pengumpul ����¯�¿�½" Pedagang Besar ����¯�¿�½" Antar Pulau. 2) nilai farmer����¯�¿�½����s share terbesar ada pada saluran pemasaran I yaitu dengan jumlah 79,04% dan yang terkecil yaitu saluran pemasaran II yaitu dengan jumlah 61,90%. Maka berdasarkan kaidah keputusan, saluran pemasaran I dikatakan efisien karena lebih dari 70% dan saluran pemasaran II dikatakan tidak efisien karena kurang dari 70%.
Kata kunci: Jagung, Saluran Pemasaran, Farmer����¯�¿�½����s Share
Download berkas