Penulis / NIM
SUSERLA RAUF / 614416065
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. AMIR HALID, M.Si / 0009017205
Pembimbing 2 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Abstrak
ANALISIS RANTAI PEMASARAN KOMODITAS CENGKEH
DI KECAMATAN BILUHU KABUPATEN GORONTALO
ABSTRACT
The purpose of this study was (1) to describe clove commodity marketing in Biluhu District, Gorontalo Regency 2) to analyze the margin value received by farmers in the clove commodity marketing chain in Biluhu District, Gorontalo Regency. It applied a descriptive quantitative approach and involved 43 people as the population with a saturated sample method to obtain a sample of 41 farmers, 2 intermediary traders, and 1 wholesaler. The data collection technique uses observation, interviews, questionnaires, and documentation, while the data analysis technique uses descriptive analysis and marketing margins. The result discovered that (1) Cloves marketing is carried out by direct marketing to wholesalers and indirect marketing through intermediary traders. Although selling to wholesalers results in a high price, the water content rebate reduces the farmers' cloves' marketing profit below average. (2) Farmers experienced a loss in marketing margin of 24.29% due to the 6% water content rebate from the direct marketing margin, which was 30.14%. In comparison, the indirect marketing margin is 23.93%, meaning that the difference in marketing margin is 0.36%, which is an insignificant difference.
Keywords: Marketing Chain, Marketing Margin, Clove Commodity
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pemasaran komoditi cengkeh di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. (2) Menganalisis nilai margin yang diterima oleh petani pada rantai pemasaran komoditi cengkeh di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Pendekatan penelitian yakni kuantitatif deskriptif. Populasi sebanyak 43 orang yang kemudian dengan metode sampel jenuh diperoleh sampel sebanyak 41 orang petani, 2 orang pedagang pengumpul dan 1 orang pedagang besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan margin pemasaran.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pemasaran cengkeh oleh petani cengkeh di Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo dilakukan dengan cara pemasaran langsung kepada pedagang besar dan pemasaran tidak langsung melalui pedagang pengumpul. Pemasaran pada pedagang besar memperoleh harga yang tinggi namun adanya potongan kadar air yang membuat keuntungan pemasaran cengkeh petani kurang maksimal. (2) Marjin pemasaran yang diterima oleh petani dengan pemasaran langsung sebesar 30,14% namun karena adanya potongan kadar air 6% maka petani mengalami penurunan margin pemasaran sebesar 24,29%. Sementara untuk margin pemasaran secara tidak langsung sebesar 23,93% yang artinya selisih margin pemasaran sebesar 0,36% yang terhitung sangatlah kecil nilai perbedaannya.
Kata Kunci: Rantai Pemasaran, Margin Pemasaran, Komoditi Cengkeh
Download berkas