Penulis / NIM
MOHAMAD RIVALDI PAKAYA / 614417089
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
YANTI SALEH, SP, M.Pd / 0024047102
Pembimbing 2 / NIDN
LARASATI SUKMADEWI WIBOWO, SP, M.P, M.BA / 0927069001
Abstrak
ANALISIS PEMASARAN KOPRA
DI KECAMATAN BONEPANTAI KABUPATEN BONE BOLANGO
PROVINSI GORONTALO
Mohammad Rivaldi Pakaya**; Yanti saleh(***) dan Larasati S. Wibowo(***)
Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui saluran pemasaran kopra yang ada di Kecamatan Bonepantai, Kabupaten Bone Bolango (2). Menganalisis efisiensi pemasaran kopra di Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis kualitatif yang digunakan dalam mendeskripsikan saluran pemasaran. Responden yang dijadikan sampel teridiri dari produsen kopra, pedagang pengumpul dan pedagang besar. Pengambilan sampel produsen kopra dilakukan dengan menggunakan metode (puposive Sampling) kemudian pengambilan sampel pedagang dilakukan dengan cara metode penjajakan (tracking Sampling). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif analisis margin pemasaran dan efisiensi pemasaran. Hasil analisis pemasaran menunjukan bahwa saluran pemasaran kopra di Kecamatan Bonepantai melalului dua saluran pemasaran yaitu Petani����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½' Pedagang pengumpul����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½' Pedagang besar ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½' Pabrik, Petani����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½' Pedagang besar ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½' Pabrik. Hasil analaisis margin pemasaran kopra saluran I yaitu Rp.3.000/Kg sedangkan saluran kedua Rp.1.000/Kg. Farmer share yang diterima petani kopra pada saluran I yaitu sebesar 70% sedangkan saluran kedua yaitu 90%. Efisiensi pemasaran pada saluran pertama sebesar 10,5% sedangkan nilai efisiensi saluran kedua adalah 5,5%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang yang paling efisien yaitu saluran kedua dengan nilai efisiensi sebesar 5,5%.
Kata Kunci: Analisis Pemasaran, Margin, Efisiensi Pemasaran
*) Judul Skripsi
**) Mahasiswa Jurusan Agribisnis
***) Tim Pembimbing
Download berkas