Penulis / NIM
MOH. SYUKUR / 614417114
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
YULIANA BAKARI, SP., MP / 0008079001
Pembimbing 2 / NIDN
AGUSTINUS MOONTI, SE, M.M / 0021088503
Abstrak
Moh Syukur. Pengaruh Bauran Pemasaran Secara Online Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Komoditas Pertanian (Studi Kasus Pasar Rakat Online Gorontalo). Di bimbing oleh Yuliana Bakari dan Agustinus Moonti.
Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui Bauran pemasaran secara online yang ada di pasar Rakyat Online Gorontalo ;2) Mengetahui pengaruh bauran pemasaran online secara simultan dan parsial terhadap minat beli konsumen pada komoditas pertanian di Pasar Rakyat Online Gorontalo, penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data primer dengan menghimpun informasi secara langsung dari sumber pertama atau responden menggunakan kuisioner/angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan Bauran pemasaran di Pasar Rakyat Online Gorontalo berupa produknya yang berkualitas baik, harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas produk, promosi yang dilakukan menarik perhatian konsumen, lokasi toko online mudah diakses, orang atau people dalam melayani konsumen dengan sopan, ramah serta responsif , adanya kemudahan dalam proses pembelian dan bukti fisik berupa toko online yang menarik dan terstruktur dengan baik dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Secara simultan bauran pemasaran secara online berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada komoditas pertanian, sedangkan secara parsial hanya variabel promosi dan bukti fisik yang memberikan pengaruh secara signifikan sedangkan variabel produk, harga, lokasi, orang, dan proses tidak berpengaruh secara signifikan.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Minat beli Konsumen, komoditas pertanian
Download berkas