Penulis / NIM
HARDIYANTI LAPAMUDI / 614417117
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
YURIKO BOEKOESOE, SP, M.Si / 0026037104
Pembimbing 2 / NIDN
YULIANA BAKARI, SP., MP / 0008079001
Abstrak
ABSTRAK
Hardiyanti Lapamudi. Analisis pemasaran beras di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Dibimbing oleh Yuriko Boekoesoe (Pembimbing Utama) dan Yuliana Bakari (Pembimbing Pendamping).
Penelitian ini bertujuan: 1)untuk mengetahui saluran pemasaran beras, besarnya margin pemasaran yang diperoleh di setiap lembaga pemasaran pada masing saluran pemasaran, 2) untuk mengetahui efisiensi pemasaran beras yang ada di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dari bulan Oktober-November- Desember 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode purposive sampling untuk menentukan daerah penelitian, metode simple random sampling penentuan pengambilan sampel dan metode snowball sampling untuk menentukan sampel (informan) lembaga pemasaran. Sehingga total jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 orang yang terdiri dari 40 petani, 5 penggilingan, 10 informan pedagang (pedagang besar, pedagang pengecer, pedagang warung dan Toko Tani Indonesia).Hasil kesimpulan penelitian analisis efisiensi pemasaran yang ada Di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango adalah sebagai berikut: 1) Untuk saluran pemasaran yang ada pada penelitian ini terdiria atas 4 saluran pemasaran yaitu: (a) Petani ����¯�¿�½" Konsumen (b) Petani - Pedagang Pengecer - Konsumen (c) Petani����¯�¿�½" penggilingan Padi ����¯�¿�½" pedagang besar ����¯�¿�½" pedagang pengecer ����¯�¿�½" konsumen (d) Petani ����¯�¿�½" penggilingan padi - Toko Tani Indonesia (TTI) ����¯�¿�½" konsumen, total margin pemasaran tertinggi terdapat pada saluran pemasaran III sebesar Rp.3.000. 2) saluran pemasaran yang paling efisien terdapat pada saluran pemasaran I dan II dengan tingkat efisiensi sebesar 0% dan 0,66% juga saluran pemasaran lain tidak efisien karena >1 yaitu saluran III, IV sebesar 1,83% dan 8,91%.
Kata Kunci: Pola Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, beras.
Download berkas