Penulis / NIM
SIRIN ADITIA / 614417119
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
YULIANA BAKARI, SP., MP / 0008079001
Pembimbing 2 / NIDN
ECHAN ADAM, S.E., M.M / 0023098902
Abstrak
ABSTRAK
Sirin Aditia. Analisis Integrasi Pasar Vertikal Cabai Rawit di Provinsi Gorontalo. Dibimbing oleh Yuliana Bakari dan Echan Adam.
Penelitian ini bertujuan : 1) menganalisis saluran pemasaran cabai rawit di Provinsi Gorontalo, 2) menganalisis integrasi pasar vertikal cabai rawit di Provinsi Gorontalo. Penelitian dilakukan di Provinsi Gorontalo pada bulan oktober sampai dengan bulan desember tahun 2021 dengan metode penelitian survey atau wawancara. Metode pengambilan sampel menggunakan snowbal sampling dan berdasarkan ketersediaan data harga cabai rawit selama 4 tahun (tahun 2017 hingga tahun 2020). Jenis sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui saluran pemasaran cabai rawit adalah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kemudian untuk menilai terjadi tidaknya integrasi pasar dilakukan dengan menggunakan metode analisis kointegrasi dan ECM (Error Correction Model). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pemasaran cabai rawit di Provinsi Gorontalo terdiri dari 5 pola pemasaran. Kemudian hasil analisis integrasi pasar komoditas cabai rawit di Provinsi Gorontalo membuktikan bahwa pasar cabai rawit di Provinsi Gorontalo telah terintegrasi antara produsen dengan lembaga pemasaran, lembaga pemasaran dengan pedagang pengecer/konsumen dan konsumen dengan produsen. Artinya, apabila terjadi perubahan harga cabai rawit di tingkat konsumen maka akan ditransmisikan ke tingkat lembaga pemasaran. Dan apabila terjadi perubahan harga cabai rawit di tingkat lembaga pemasaran maka akan ditransmisikan kepada produsen. Maka pasar antara konsumen sampai ke produsen terintegrasi berdasarkan 3 model yang digunakan.
Kata Kunci : Cabai Rawit, Error Correction Model (ECM), Integrasi Pasar
Download berkas