Penulis / NIM
RISKAWATI OLABU / 614417126
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
YULIANA BAKARI, SP., MP / 0008079001
Pembimbing 2 / NIDN
AGUSTINUS MOONTI, SE, M.M / 0021088503
Abstrak
ABSTRAK
Riskawati Olabu. Analisis Integrasi Pasar Komoditas Bawang Merah di Provinsi Gorontalo. Dibimbing oleh Yuliana Bakari (Pembimbing Utama) dan Agustinus Moonti (Pembimbing Pendamping).
Penelitian ini bertujuan : 1) mendeskripsikan sistem distribusi pemasaran bawang merah di Provinsi Gorontalo, 2) menganalisis integrasi pasar vertikal komoditas bawang merah di Provinsi Gorontalo. Penelitian dilakukan di Provinsi Gorontalo pada bulan oktober sampai dengan bulan november tahun 2021 dengan metode penelitian survey atau wawancara, metode pengambilan sampel menggunakan snowball sampling dan berdasarkan ketersediaan data harga bawang merah selama 4 tahun (tahun 2017 hingga tahun 2020). Jenis sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui saluran distribusi pemasaran bawang merah adalah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kemudian untuk menilai terjadi tidaknya integrasi pasar dilakukan dengan menggunakan metode analisis kointegrasi dan ECM (Error Correction Model). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pemasaran bawang merah di Provinsi Gorontalo terdiri dari 3 pola pemasaran. Kemudian hasil analisis integrasi pasar komoditas bawang merah di Provinsi Gorontalo membuktikan bahwa pasar terintegrasi antara produsen dan lembaga pemasaran, serta lembaga pemasaran dan konsumen. dan kosumen dengan produsen. Artinya apabila terjadi perubahan harga bawang merah di tingkat lembaga pemasaran maka akan di transmisikan ke tingkat petani. dan apabila terjadi perubahan harga di tingkat konsumen akan ditransmisikan ke tingkat lembaga pemasaran. Maka pasar antara konsumen hingga ke petani terintegrasi berdasarkan 3 model yang digunakan.
Kata Kunci : Bawang Merah, Integrasi Pasar, Error Corection Model (ECM)
Download berkas