Penulis / NIM
SITI YULIAT RADJI / 614418040
Program Studi
S1 - AGRIBISNIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. AMIR HALID, M.Si / 0009017205
Pembimbing 2 / NIDN
YANTI SALEH, SP, M.Pd / 0024047102
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar personal selling dan sales promotion berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk IKM Bilal Mekar Snack. Penelitian ini dilaksanakan di IKM Bilal Mekar Snack di Kelurahan Bulotadaa Barat, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo pada bulan Maret - April 2022. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu karakteristik usaha olahan IKM Bilal Mekar Snack yaitu, jenis kelamin rata-rata perempuan sebanyak 64%, usia responden mulai dari usia 21-30 tahun sebanyak 45%, pekerjaan responden sebagian besar berprofesi wiraswasta dan lainnya sebesar 75% dan jenis produk yang banyak dibeli yaitu produk panada tore sebanyak 40% sedangkan produk lainnya seperti sambal sagela sebanyak 31% dan abon ikan tuna sebanyak 29%. dilihat dari variabel personal selling dan sales promotion secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk IKM Bilal Mekar Snack. Hal tersebut karena kemampuan tenaga penjual dalam memberikan informasi dan persuasi kepada konsumen serta pemberian insentif dengan berbagai macam pilihan alat seperti discount dan cashback sangatlah mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.
Download berkas