Penulis / NIM
DZULFITRY M. HARUN / 621408012
Program Studi
S1 - PETERNAKAN
Pembimbing 1 / NIDN
SRI YENNY PATEDA, S.Pt, M.Si / 0004016902
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUHAMMAD SAYUTI, S.Pt., M.Si. / 0031126736
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen bakso dan mengetahui kelompok yang dominan mengkonsumsi bakso di Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo.
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo pada bulan april sampai mei 2013, dengan menggunakan metode survei. Pengambilan sampel dilakukan secara Accidental Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Analisis deskriptip digunakan mendeskripsikan karakteristik konsumen yaitu umur, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan terakhir, pendapatan. Selain itu analisis ini juga menjelaskan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian yang melalui beberapa tahap yakni sumber informasi, tahap menerima pengaruh, tahap menilai, tahap membeli, dan tahap mengkonsumsi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden melakukan pembelian bakso adalah perempuan, berstatus mahasiswa, mempunyai umur rata-rata 19 – 25 tahun, pendapatan individu yang diperoleh < Rp. 500.000,00 sebulan dan harga bakso dikategorikan terjangkau oleh konsumen. Sumber informasi bakso dominan diperoleh dari teman, Pola mengkonsumsi bakso bukan sebagai makanan pokok tetapi sebagai kuliner, hobi, dan makanan camilan.
Kata Kunci : Karakteristik Konsumen, Bakso, Perilaku konsumen.
Download berkas