Penulis / NIM
SULASTRI A. KASIM / 621408052
Program Studi
S1 - PETERNAKAN
Pembimbing 1 / NIDN
ABDUL HAMID ARSYAD, S.Pt, M.Si / 0006106610
Pembimbing 2 / NIDN
SRI YENNY PATEDA, S.Pt, M.Si / 0004016902
Abstrak
ABSTRAK
SULASTRI A. KASIM.Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras Petelur Pada Perusahaan Bintang Gorontalo Di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi Peternakan Jurusan Peternakan Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian Univesitas Negeri Gorontalo 2013. Di bawah bimbingan Abd. Hamid Arsyad sebagai Pembimbing I, dan Sri Yenny Pateda sebagai Pembimbing II
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk (1) Menganalisis faktor-faktor eksternal dan internal yang dimiliki perusahaan Bintang Gorontalo dalam pemasaran telur ayam ras, (2) Merumuskan strategi pemasaran yang paling sesuai bagi perusahaan Bintang Gorontalo dalam merespon persaingan pasar.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara serta pengisian angket. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa dengan melakukan analisa InternalStrategic Factors Analysis Summary (IFAS), Eksternal Strategic Factors Analysis Summary (EFAS), dan Analisis SWOT. Hal ini dilakukan untuk mengetahui posisi perusahaan Bintang Gorontalo di dalam diagram SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada matriks SWOT terlihat beberapa alternatif strategi, yang paling efektif dilakukan oleh usaha peternakanBintang Gorontalo dengan menggabungkan antara unsur kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan dengan peluang serta ancaman yang dihadapi perusahaan yaitu strategi S-O atau mendukung strategi yang agresif dengan cara peningkatan kapasitas produksi yaitu dengan menambah jumlah kandang, karena perusahaan Bintang Gorontalo masih memiliki lahan kosong yang belum dimanfaatkan. Strategi ini dilakukan untuk mengambil peluang yang ada yakni masih banyaknya permintaan pasar akan telur ayam ras cukup tinggi tetapi belum seluruhnya terpenuhi. Apabila strategi ini benar dilaksanakan, maka perlu diperhatikan oleh perusahaan Bintang Gorontalo mengenai penambahan jumlah modal pinjaman dari pihak lembaga keuangan. Selain itu strategi yang dapat diambil oleh perusahaan Bintang Gorontalo adalah strategi W-T, strategi ini bertujuan untuk meminimalkan kelemahan serta menghindari berbagai ancaman. Strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan pemanfaatan teknologi untuk melakukan promosi. Promosi dianggap penting mengingat akan ditambahnya kapasitas produksi dan diversikasi produk. Dengan adanya promosi misalnya dengan menggunakan internet produk yangdihasilkan oleh perusahaan Bintang Gorontalo akan dikenal oleh pelanggan-pelanggan yang berada diluar daerah.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT
Download berkas