Penulis / NIM
MELIYANTI HASAN / 621409018
Program Studi
S1 - PETERNAKAN
Pembimbing 1 / NIDN
LA ODE SAHARA, S.Pt., M.Si. / 0015127704
Pembimbing 2 / NIDN
ABDUL HAMID ARSYAD, S.Pt, M.Si / 0006106610
Abstrak
ABSTRAK
MELIYANTI HASAN. 2014. Analisis Efisiensi dan Margin Pemasaran Ternak Kambing di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Dibimbing Oleh La Ode Sahara sebagai Pembimbing I dan Abdul Hamid Arsyad sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui margin pemasaran ternak kambing di Kecamatan Pulubala. Juga untuk mengetahui efisiensi pemasaran ternak kambing di Kecamatan Pulubala.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pedagang kambing dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gorontalo. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik responden peternak kambing, lembaga-lembaga pemasaran, margin pemasaran, farmer's share dan efisiensi pemasaran ternak kambing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran ternak kambing di Kecamatan Pulubala mempunyai dua saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung. Margin pemasaran yang diperoleh oleh pedagang pengumpul pada saluran pemasaran tidak langsung I yaitu Rp. 318.478 dengan farmer's share 74,01% dan margin pemasaran pada saluran pemasaran tidak langsung II yaitu Rp. 425.000 dengan farmer's share 70,17%. Margin pemasaran yang diperoleh oleh pedagang besar pada saluran pemasaran tidak langsung II yaitu Rp.1.325.000 dengan farmer's share 51,81 %. Efisiensi pemasaran yang diperoleh pada saluran langsung 3,34%, saluran pemasaran tidak langsung I adalah 2,47% dan saluran pemasaran tidak langsung II adalah 16,91%.
Kata kunci: Margin Pemasaran, Farmer's Share, Efisiensi.
Download berkas