Penulis / NIM
TAUFIK ZULFIKAR SANUSI / 621410056
Program Studi
S1 - PETERNAKAN
Pembimbing 1 / NIDN
SAFRIYANTO DAKO, S.Pt, M.Si / 0021037305
Pembimbing 2 / NIDN
Ir. NIBRAS K LAYA, MP / 0006126602
Abstrak
ABSTRAK
Taufik Z. Sanusi. 2017. Analisis Pemasaran Telur Ayam Ras Di Pasar Liluwo Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Safriyanto Dako dan Pembimbing II Nibras K. Laya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, saluran pemasaran, margin pemasaran di Pasar Liluwo Kota Gorontalo. Penelitian ini di lakukan selama satu bulan yaitu dari bulan agustus 2017 di Pasar Liluwo Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan pelaksanaanya dangan teknik survei. Lokasi penelitian di pilih secara sengaja (purposive sampling) yaitu Pasar Liluwo Kota Tengah Kota Gorontalo. Penentuan sampel di lakukan dengan sampling jenuh (sensus). Sampel terdiri dari peternak (produsen) dan lembaga perantara dalam distribusi pemasaran telur ayam ras, responden yang terdiri dari 1 peternak (produsen), 4 pedagang besar, dan 10 Pedagang, pengecer. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis pemasaran yang terdiri dari analisis margin pemasaran dan farmer`s share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat 2 pola distribusi pemasaran telur ayam ras pola I yaitu : peternak (produsen) - pedagang besar - konsumen, dan pola 11 yaitu peternak (produsen) - pedagang besar - pengecer - farmer`s share.
Kata Kunci : Analisis Pemasaran, Telur Ayam Ras, Kota Gorontalo.
Download berkas