Penulis / NIM
ISNAWATI ALIMUN / 621410058
Program Studi
S1 - PETERNAKAN
Pembimbing 1 / NIDN
SRI YENNY PATEDA, S.Pt, M.Si / 0004016902
Pembimbing 2 / NIDN
ABDUL HAMID ARSYAD, S.Pt, M.Si / 0006106610
Abstrak
ISNAWATI ALIMUN. 2014. Analisis Efisisensi Pemasaran Daging Ayam Broiler di Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian. Di bawah bimbingan Sri Yenny Pateda sebagai pembimbing I dan Abdul Hamid Arsyad sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran daging ayam Broiler di Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan yaitu September sampai November 2014 di Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode survei. Data terdiri dari data primer yang diperoleh dari responden menggunakan kuesioner dan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) serta Instansi-instansi terkait di Kota Gorontalo. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik responden daging ayam broiler, lembaga-lembaga pemasaran, margin pemasaran, Farmer's Share, serta efisiensi pemasaran daging ayam broiler.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran daging ayam broiler di Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo terdapat dua pola saluran pemasaran tidak langsung yaitu pola saluran pemasaran I : Produsen Pedagang Pengumpul Konsumen, dan pola saluran pemasaran II : Produsen Pedagang Pengumpul Pedagang Pasar Konsumen. Margin pemasaran yang diperoleh pedagang pengumpul yaitu Rp 3.350, keuntungan Rp 2.535, Farmer's Share sebesar 81,64 % dengan tingkat efisiensi sebesar 4,46 %, sedangkan pada pedagang pasar memiliki Margin Rp 3.786, keuntungan Rp 3.458, Farmer's Share sebesar 82,11 dengan tingkat efisiensi sebesar 1,55 % artinya kedua saluran pemasaran tersebut efisien.
Kata Kunci : Efisiensi, Margin Pemasaran, Farmer's Share, Ayam Broiler
Download berkas