Penulis / NIM
CRISTY SUPRIYATI ELLY PURWASIH / 621410081
Program Studi
S1 - PETERNAKAN
Pembimbing 1 / NIDN
SAFRIYANTO DAKO, S.Pt, M.Si / 0021037305
Pembimbing 2 / NIDN
Ir. NIBRAS K LAYA, MP / 0006126602
Abstrak
Cristy Purwasih. 2017. Saluran Pemasaran Ternak Kambing Kacang. Seminar I. Program Studi S1 Peternakan, Jurusan Peternakan, Fakultas Ilmu Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Safriyanto Dako S.Pt, M.Si, Dan Ibu Ir. Hj. Nibras Karnain Laya. MP
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran ternak kambing, margin pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran serta mengetahui keuntungan lembaga-lembaga pemasaran ternak kambing di Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode survey. Data yang dihimpun adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang pengecer yang melakukan usaha jual beli ternak kambing yang terdapat di pasar hewan sebanyak 30 pedagang. Pengambilan sampel dilakukan secara Total Sampling atau secara jenuh, yaitu terdiri dari 30 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitan ini adalah analisis deskriftif. Hasil penelitian Penyaluran Ternak Kambing dari produsen ke konsumen menggunakan beberapa macam saluran distribusi yaitu Produsen ' Pedagang Besar ' Konsumen
Produsen ' Pedagang Besar ' Pengecer ' Konsumen
Margin pemasaran yang diperoleh pedagang besar pada pola saluran I yaitu sebesar Rp 175.000 dan farmer's share sebesar 90,97 %. Pada pola saluran II pedagang pengecer memperoleh margin sebesar Rp 300.000 dan farmer's share sebesar 85,45 %. Pola saluran pemasaran I dan pola saluran pemasaran II Ternak Kambing Kacang di Pasar Kaliyoso, Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo termasuk dalam kategori efisien, dimana hal ini dapat dilihat dari nilai efisiensi Pemasaran, Pada Pola Saluran I Nilai EP =2,43% dan Pada Pola Saluran II Nilai EP = 2,67 %.
Kata kunci: Saluran Pemasaran, Kambing Kacang
Download berkas