Penulis / NIM
ISNAWATI MOINTI / 621411008
Program Studi
S1 - PETERNAKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Ir. NIBRAS K LAYA, MP / 0006126602
Pembimbing 2 / NIDN
Ir. ELLEN J SALEH, MP / 0009016807
Abstrak
ABSTRAK
Isnawati Mointi. 2018. Strategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo). Penelitian ini dibimbing oleh Nibras Karnain Laya dan Ellen J. Saleh,
Tujuan Penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam mengembangkan usaha ternak sapi potong dan menentukan strategi pengembangan usaha ternak sapi potong di daerah penelitian. Penentuan penelitian dilakakan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan daerah ini merupakan potensial bagi peternakan sapi potong. Metode analisis yang digunakan analisis SWOT. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa faktor-faktor internal yang mempengaruhi pengembangan usaha ternak sapi potong di daerah penelitian dan termasuk ke dalam kekuatan ialah produksi, ketersediaan limbah pertanian yang melimpah, tersedianya tenaga kerja, tidak terdapat serangan virus penyakit mematikan, pengalaman beternak. Serta yang termasuk ke dalam kelemahan ialah lahan yang tidak memadai, teknis pemeliharaan masih tradisional, modal tidak tercukupi, ketersediaan bibit yang cukup, teknis pemanfaatan limbah yang kurang. Dan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan Usaha ternak sapi potong di daerah penelitian dan termasuk ke dalam peluang ialah pasar, musim, politik dan keamanan, pemerintah. Serta tidak ada ancaman, ketidakstabilan harga sapi potong, hewan ternak pengganti sapi potong, pemanfaatan teknologi yang cukup, kurangnya kemitraan. Strategi pengembangan usaha ternak sapi potong di daerah penelitian adalah strategi WO(Weaknesses-Upportunities). Strateginya adalah Memberikan program pendampingan dan penyuluhan disertai dengan demonstrasi sehingga dapat meningkatkan kemampuan para peternak di daerah penelitian, Pengenalan mengenai teknologi pengelolahan pakan berbasis limbah pertanian dan bibit ternak sapi unggul yang disesuaikan dengan kondisi wilayah setempat serta meningkatkan pengetahuan peternak sapi potong mengenai jual dan informasi pasar.
Kata kunci : faktor internal, faktor eksternal, strategi.
Download berkas