Penulis / NIM
MUHAMMAD RIZAL KOLLY / 621411075
Program Studi
S1 - PETERNAKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Ir. NIBRAS K LAYA, MP / 0006126602
Pembimbing 2 / NIDN
WAWAN K TOLINGGI, SP, M.Si / 0029057801
Abstrak
ABSTRAK
Muhammad Rizal Kolly. 2018. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Konsumsi Sapi Segar Pada Masyarakat di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Peternakan. Universitas Negeri Gorontalo. Di bombing oleh Nibras Karnain Laya sebagai pembimbing utama dan Wawan Tolinggi sebagai pembimbing anggota.
penelitian telah dilakukan di Kecamatan Tilongkabila. Pemilihan lokasi tersebut dilakukan secra sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Kecamatan Tilongkabila merupakan saloah satu kecamatan yang termasuk jumlah penduduk terbanyak . Penelitian ini dilakukan selama 1 Bulan yang dilaksanakan bulan Juni sampai bulan Juli 2018. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif. Analisa ini digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik responden yaitu umur, agama, pendidikan, pekerjaan dan pendapatan. Penelitian tentang perilaku konsumen daging sapi pada masyarakat di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango diperoleh hasil sehingga diperoleh beberapa kesimpulan yaitu : Perilaku konsumen berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar responden mengkonsumsi daging karena enak 55% dan menyukai bagian has daging sapi sebanyak 87% responden, karena daginggnya mimliki serat yang lembut, empuk, padat dan kemudahannya untuk diolah menjadi berbagai jenis masakan karna teksturnya lembut. Responden telah memilih membeli daging sapi segar di pasar 92% dengan alasan harga murah dan skalian berbelanja produk lain dan frekwensi pembelian sebanyak 66% yang tidak menentu tergantung kondisi atau hari-hari tertentu misalkan Lebaran Idul Adha, Pesta pernikahan dan khitanan. Faktor2 yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu umur, pendidikan, pengetahuan gizi, preferensi, sumber informasi dan budaya.`Hasil penelitian menunjukan bahwa 68% responden pada umur 41-65 tahun dengan latar belakang pendidikan respoden adalah SD/Sederajat sebanyak 59%. Responden mengetahui daging sapi bergizi sebanyak 97% dengan sumber informasi yang mereka dapatkan sebagian besar TV/Radio dan mayoritas responden adalah suku gorontalo sebanyak 97% orang.
Kata Kunci : Daging Sapi Segar, Responden, Konsumen, Perilaku, Konsumsi
Download berkas