Penulis / NIM
RAMLA NASIR / 621412010
Program Studi
S1 - PETERNAKAN
Pembimbing 1 / NIDN
SUPARMIN FATHAN, S.Pt, M.Si / 0003047106
Pembimbing 2 / NIDN
Ir. ELLEN J SALEH, MP / 0009016807
Abstrak
ABSTRAK
Ramla Nasir. 2018. Analisis Pemasaran Ayam Kampung Super (Studi Kasus di Desa Panggulo Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango). Skripsi. Jurusan Peternakan. Fakultas Pertanian. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Suparmin Fathan, Pembimbing II Ellen J. Saleh.
Tujuan penelitian adalah mengetahui saluran pemasaran pada usaha ternak ayam kampung super di Desa Panggulo dan mengetahui besar marjin pemasaran ayam kampung super pada saluran pemasaran Penelitian dilaksanakan Maret sampai April 2018 di Desa Panggulo Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Tingkatan yang dijadikan sebagai dasar pengambilan sampel adalah jumlah ternak pada saat penelitian di lakukan yang terbagi menjadi 3 yaitu a). 300 ekor, b). 500 ekor, c). 1000 ekor. Analisis data yang digunakan saluran pemasaran dibahas secara deskriptif dan besar marjin pemasaran saluran pemasaran di uji dengan independent sample t test. Hasil penelitian adalah terdapat 1 saluran pemasaran yaitu : Produsen Konsumen. Rata-rata marjin pemasaran adalah berdasarkan skala kepemilikan adalah strata 1). Strata I Rp. 10.000 2).strata II Rp. 10.000 3). strata III Rp. 10.000. Besar marjin pemasaran tidak terdapat perbedaan.
Kata Kunci: Margin pemasaran dan Ayam kampung super
Download berkas