Penulis / NIM
ARFAN AFANDI / 621412019
Program Studi
S1 - PETERNAKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Ir. NIBRAS K LAYA, MP / 0006126602
Pembimbing 2 / NIDN
UMBANG ARIF ROKHAYATI, S.Pt, MP / 0018077604
Abstrak
Arfan Afandi (621 412 019); Pola Pemasaran Sapi Potong Di Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato (Studi Kasus Di Kelompok Tani Ternak Lembu Karomah). Di bawah Bimbingan Nibras Karnain Laya dan Umbang Arif Rokhayati.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pola pemasaran sapi potong di Kelompok Tani Lembu Karomah; 2) keuntungan lembaga pemasaran sapi potong di Kelompok Tani Lembu Karomah; 3) menganalisis kelayakan usaha sapi potong di Kelompok Tani Ternak Lembu Karomah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2018, dengan menggunakan metode survey. Analisis data yang digunakan untuk menghitung penerimaan, pendapatan, dan kelayakan usaha menggunakan R/C Ratio. Penarikan sampel dengan mengunakan random sampling yang kemudian didapatkannya sampel sebanyak 19 responden. Hasil penelitian ini adalah : 1) Saluran pemasaran yang digunakan oleh petani peternak yaitu saluran pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung. Pola saluran pemasaran sapi potong di Kecamatan Taluditi kabupaten Pohuwato 58% peternak sapi potong menjual kepada pedagang pengumpul/blantek; 2) Keuntungan pemasaran besar terdapat pada saluran II yaitu Rp. 1.020.000 karena memiliki lembaga pemasaran yaitu dari pengecer ke pedagang pengumpul kemudian dijual kepada konsumen. Saluran I memiliki keuntungan pemasaran Rp. 0 karena pada saluran I tidak ada lembaga pemasaran yang terlibat yaitu langsung dijual kepada konsumen; 3) Nilai R/C Ratio untuk usaha petai peternak sapi potong sebesar 4,2, yang berdasarkan kriterianya nilai R/C Ratio > 1 berarti suatu usaha menguntungkan. Usaha ternak sapi potong yang ada di Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato layak untuk diusahakan dan memiliki prospek yang bagus untuk kedepannya.
Kata Kunci :Pola Pemasaran, Lembaga Pemasaran, Kelayakan Usaha
Download berkas