SKRIPSI

Penulis / NIM
MARSELA KASIM / 621412076
Program Studi
S1 - PETERNAKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD MUKHTAR, S.Pt, M.Agr, Sc / 0026087104
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUHAMMAD SAYUTI, S.Pt., M.Si. / 0031126736
Abstrak
ABSTRAK MARSELA KASIM. 2016. Analisis Nilai Tambah Pemasaran Daging Ayam Broiler di Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Dibimbing Oleh Muh.Mukhtar dan Muhammad Sayuti M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan nilai tambah pemasaran daging ayam broiler di Pasar Sentral Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini di laksanakan pada bulan September sampai Oktober 2016 di Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan penentuan lokasi di lakukan secara purposive sampling atau secara sengaja. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh atau total sampling terdiri dari produsen, pedagang besar, dan pedagang pengecer. Jenis data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengambilan data di lakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif dan analisis nilai tambah. Hasil penelitian untuk saluran pemasaran daging ayam broiler menggunakan pola saluran pemasaran yaitu : Produsen - pedagang besar - pedagang pengecer - konsumen. Pada pedagang besar nilai output yang di hasilkan sebesar Rp.22.500/kg, harga input Rp.18.500/kg dan sumbangan input lain Rp.246,7/kg, sedangkan pada pedagang pengecer nilai output yang di hasilkan sebesar Rp.25.250/kg, harga input Rp.22.500/kg. dan sumbangan input lain Rp.507,2/kg. Nilai tambah untuk masing-masing lembaga pemasaran yaitu memperoleh Rp.3.753,3/kg atau sekitar 16,681% untuk pedagang besar, dan Rp.2.242,8/kg atau sekitar 8,9% untuk pedagang pengecer. Hal ini di karenakan pada pedagang pengecer penggunaan biaya pemasaran yang terlalu besar dari pedagang besar, sehingga berpengaruh terhadap nilai tambah yang dihasilkan. Kata Kunci : Pemasaran Daging Ayam Broiler, Nilai Tambah ABSTRACT MARSELA KASIM. 2016. The Analysis of Marketing Additional Value of Broiler Chicken Meat in Kota Selatan Kota Subdistrict Gorontalo City. Supervised by Muh.Mukhtar and Muhammad Sayuti M. The aim of this study was to know the channel and the additional value of Broiler chicken meat marketing at central market in Kota Selatan Kota Subdistrict Gorontalo City. This study was conducted on September until October 2016 in Kota Selatan Kota Subdistrict Gorontalo City. The method of this study was survey method with purposive sampling. The sampling techniques were surfeited sampling and total sampling which were consisted of producer, traider, retailer. Data consisted of the primary and the secondary data. Data collecting was carried out by observation, interview and documentation. Data were analyzed by using descriptive analysis and additional value analysis. The result of this study indicates that the channel of Broiler chicken meat marketing uses I channel pattern, that is producer-traider-retailer-consumer. The output value of the traider is Rp.22.500/kg, the input price is Rp. 18.500/kg and the others contribution input is Rp.246,7/kg. While the output value of the retailer is Rp.25.250/kg, the input price is Rp.22.500/kg and the others contribution input is Rp.507,2/kg. The additional value for each marketing institution is Rp.3.753,3/kg or about 16,681% for the traiders and Rp.2.242,8/kg or about 8,9% for the retailers. It is caused of the using of marketing cost by the retailers is bigger than the traiders. Keywords: Broiler chicken meat marketing, additional value
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011