Penulis / NIM
FIZAL DJAFAR / 621417058
Program Studi
S1 - PETERNAKAN
Pembimbing 1 / NIDN
DR SRI YENNY PATEDA, S.Pt, M.Si / 0004016902
Pembimbing 2 / NIDN
Ir. NIBRAS K LAYA, MP / 0006126602
Abstrak
ABSTRAK
FIZAL DJAFAR, Analisis Pemasaran Ternak Sapi Potong di Pasar Molinggapoto Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Dibimbing oleh Sri Yenny Pateda sebagai Pembimbing I dan Nibras K. Laya, M.P sebagai pembimbing II
Penelitian bertujuan untuk mengetahui margin pemasaran, farmer share dan efisiensi pemasaran ternak sapi potong di pasar Molinggapoto Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Penentuan sampel menggunakan accindental sampling (kebetulan) jumlah sampel dalam penelitian yaitu pedagang besar 4 orang pedagang kecil 8 orang. Data yang di himpun terdiri dari data primer dan data sekunder. Instrument yang digunakan untuk menghimpun data menggunakan kueisioner. Analisis yang di gunakan adalah analisis deskriptif dan analisis margin, farmer share serta nilai efisiensi pemasaran sapi potong di pasar Molinggapoto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran ternak Sapi Potong di pasar Molinggapoto Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara menggunakan dua saluran dstibusi tidak langsung, yaitu saluran distribusi I yaitu produsen (peternak) - pedagang besar ����¯�¿�½" pedagang kecil ����¯�¿�½" konsumen akhir dan saluran distribusi II yaitu produsen (peternak) ����¯�¿�½" pedagang kecil ����¯�¿�½" konsumen akhir. Margin pemasaran yang diperoleh pedagang besar pada saluran I, yaitu Rp. 525.000 dengan farmer����¯�¿�½����s share 94%. Dan margin pemasaran pada pedagang kecil Rp. 320.000 dengan farmer����¯�¿�½����s share 97% Pada saluran II pedagang pengecer memiliki margin RRp. 628.000 dengan farmer����¯�¿�½����s share 94%. Efisiensi pemasaran yang di peroleh pada saluran I dan II yaitu 2,3%, dan 1,5%.
Kata kunci: Margin Pemasaran, Farmer����¯�¿�½����s share, Efisiensi, Sapi Potong
Download berkas