Penulis / NIM
HAMZAH OLII / 633410045
Program Studi
S1 - MANAJEMEN SUMBER DAYA PERAIRAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL HAFIDZ OLII, S.Pi., M.Si / 0010087304
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. AZIZ SALAM / 0002017210
Abstrak
ABSTRAK
Hamzah Olii 633410045. Rantai Pemasaran Ikan Nike Segar Di Kota Gorontalo dibawah Bimbingan: Bapak Dr. Abdul Hafidz Olii, S.Pi, M.Si pembimbing utama dan Bapak Dr. Aziz Salam ST, M. Agr sebagai Anggota Pembimbing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rantai pemasaran ikan nike segar di Kota Gorontalo antara lain menghitung margin/keuntungan pemasaran setiap lembaga-lembaga pemasaran dan menghitung presentase margin pemasaran pada setiap lembaga pemasaran baik dari nelayan, pedagang pengecer, pedagang keliling maupun pedagang pengumpul. Penelitian dilaksanakan seja bulan Maret 2016 sampai bulan Oktober 2016 di wilayah Leato Utara Kota Gorontalo. Hasil penelitian menujukan bahwa rata-rata pendapatan bersih nelayan sebesar Rp. 12.509.400 permusim dengan harga beli pedagang pengecer sebesar Rp 785.000 perkarung dan harga jual Rp 1.500.000 perkarung, mendapat keuntungan sebesar Rp 715.000 perkarung. Dan harga beli pedagang keliling sebesar Rp 785.000 perkarung dan harga jual Rp 1.875.000 perkarung, dan mendapat keuntungan sebesar Rp 1.090.000 perkarung, tujuan pemasaran wilayah Kota Gorontalo dan sekitarnya. Dan untuk harga beli pedagang pengumpul sebesar Rp 785.000 perkarung dan harga jual Rp 2.000.000 perkarung, dan mendapat keuntungan sebesar Rp 1.215.000 perkarung, tujuan pemasaran luar daerah, DKI Jakarta, Palembang, dan Surabaya bahkan sampai Luar Negara. Presentase margin dari saluran pemasaran nike yang tertinggi adalah saluruan pemasaran luar daerah yaitu 60,75% dan terendah pada saluran pemasaran Sentral dan wilayah pesisir yaitu 47,667%.
Kata Kunci : Rantai pemasaran ikan nike segar, pedagang pengecer, pedagang keliling, pedagang pengumpul.
Download berkas