Penulis / NIM
CHOLILA ACHMAD JURI / 701521016
Program Studi
S2 - PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr KARTIN LIHAWA, M.Pd / 0002085702
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RAHMAN T DAKO, SS., M.Hum / 0007027403
Abstrak
ABSTRAK
CHOLILA ACHMAD JURI. 2022. Pemanfaatan Microsoft Teams Untuk Meningkatkan Kompotensi Peserta Didik Menulis Teks Recount (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Di SMA Negeri 2 Limboto). Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Pembimbing I: Prof. Dr. Kartin Lihawa, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Rahman Taufiqrianto Dako, S.S. M.Hum.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan Microsoft Teams untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks recount peristiwa bersejarah, khususnya pada aspek tatabahasa dan kosakata di kelas X IPA of SMA Negeri 2 Limboto dan (2) menemukan apakah pemanfaatan Microsoft Teams meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks recount peristiwa bersejarah atau tidak, khususnya pada aspek tatabahasa dan kosakata di kelas X IPA of SMA Negeri 2 Limboto. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan yang dikembangkan Kemmis and McTaggart dan kemudian dimodifikasi menjadi empat tahapan, yaitu: pemantauan, perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta analisis dan refleksi. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Data pengamatan dikumpul melalui observasi guru dalam proses pembelajaran, kelas, dan siswa.
Sementara data tes hasil belajar dikumpul melalui tes tulis (esei) menulis teks recount peristiwa bersejarah. Data pengamatan dianalisis dengan menghitung kriteria baik, cukup dan kurang yang telah diberi tanda cek. Data hasil belajar tentang kompetensi siswa menulis teks recount peristiwa bersejarah dianalisa dengan menggunakan skor 5 sampai 30 untuk aspek tatabahasa dan skor 7 sampai 20 untuk aspek kosakata. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang berhasil dalam belajar pada siklus I adalah sebanyak 13 (41,94%) dari tigapuluh satu orang. Sedangkan siswa yang berhasil pada siklus II berjumlah duapuluh tujuh (87,1%) siswa. Terdapat peningkatan yang signifikan pada jumlah siswa yang tuntas 51,85% dari siklus pertama dan siklus kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Microsoft Teams dapat meningkatkan kompetensi siswa menulis teks recount peristiwa bersejarah, khususnya pada aspek tatabahasa dan kosakata di kelas X IPA of SMA Negeri 2 Limboto.
Kata Kunci: menulis, recount, Microsoft Teams
Download berkas