SKRIPSI

Penulis / NIM
LIA NURHAYATI / 701613007
Program Studi
S3 - PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Abstrak
ABSTRAK Pelaksana teknis dalam bidang penjaminan mutu di IAIN Sultan Amai Gorontalo adalah Lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Lembaga ini berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Adapun penelitian ini mengkaji tentang Evaluasi Program Penjaminan Mutu Akademik di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Penelitian ini membahas tentang bagaimana komponen konteks (Visi, Misi, Renstra, SOP, Pedoman Akademik, Standar Mutu Akademik), bagaimana komponen input (Sumberdaya manusia, Sarana prasarana, Anggaran, Kurikulum), bagaimana komponen proses (Proses Pembelajaran, Penilaian Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sistem Informasi), bagaimana komponen produk (nilai akreditasi dan mutu lulusan). Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Terdapat tiga focus evaluasi dalam penelitian ini meliputi evaluasi terhadap rancangan program, evaluasi ini bersifat monitoring, evaluasi berkaitan dengan dampak program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara itu analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan secara deskriptif kualitatif, kemudian data kualitatif dianalisis menggunakan analisis tematik yaitu membandingkan data pada setiap tahapan CIPP kemudian disimpulkan. dalam analisis tematik ini, ditempuh alur analisis yang terdiri atas pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan kesimpulan verifikasi. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan penelusuran dokumen, maka dapat dilihat pada komponen konteks ditemukan bahwa Visi Misi isinya sudah sesuai dengan kriteria penjaminan mutu namun pelaksanaannya masih sebagian besar civitas akademika tidak mengetahui isi dari visi misi institut dan perlu dilakukannya evaluasi. Pada komponen input masih terdapat kekurangan pada indikator dosen, sarana prasarana, pengelolaan anggaran, kurikulum. Pada komponen proses masih terdapat kekurangan pedoman penjaminan mutu penelitian dan pengabdian pada masyarakat, sistem penjaminan mutu di bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Sementara itu pada komponen produk masih terdapat kekurangan pada akreditasi program studi yang masih banyak memperoleh predikat akreditasi C. Kata Kunci : Evaluasi Program, Mutu, Penjaminan Mutu, Akademik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011