Penulis / NIM
MARWAN M. LONDOL / 701613008
Program Studi
S3 - PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Abstrak
ABSTRAK
Pengelolaan Karakter Mahasiswa Berbasis Multi Intelegensi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Amik Nurmal Luwuk Kabupaten Banggai,
Provinsi Sulawesi Tengah)
Marwan M. Londol
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengelolaan karakter mahasiswa Amik Nurmal Luwuk Banggai: 1) Intelektual Intelligence; 2) Emotional Intelligence; dan 3) Spritual Intelligence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, yaitu proses data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Karakter mahasiswa berbasis intelektual intelligence di Amik Nurmal Luwuk Banggai antara lain: cepat menangkap informasi lewat kata-kata, proses berpikir kritis/kreatif, mampu memecahkan masalah secara logis, kemampuan analisis, berpikir sistematis dan mampu menyimpulkan. 2) Karakter mahasiswa berbasis emotional intelligence di Amik Nurmal Luwuk Banggai antara lain: memahami emosi diri dan orang lain, penuh percaya diri; kemauan kuat untuk sukses, selaraskan tindakan dengan visi, kuat menghadapi perubahan, dan mampu bekerjasama tim. 3) Karakter mahasiswa berbasis spiritual intelligence pada mahasiswa Amik Nurmal Luwuk Banggai, antara lain: menjadikan tugas sebagai ibadah, memelihara janji/sumpah, jujur, sabar, rendah hati; cinta kepada Allah, rasulnya, dan orang tua, serta cinta kepada sesama dan NKRI. Adapun pengelolaan multi inteligensi dilakukan melalui proses pendidikan, seminar ilmiah, lokakarya, bimbingan teknik, kursus, training, pelatihan, kerja kuliah mandiri, penerapan kurikulum pendidikan (Agama, PPKn, Etika Profesi, Kecakapan antar Personal, Motivasi Kerja), ORMIK, KKMK, keterampilan, Kegiatan PKL, Observasi Lapangan, kegiatan organisasi, pelaksanaan program keagamaan (memperingati hari-hari keagamaan atau maulid nabi), kerja bakti, kegiatan sosial, kegiatan intra dan ekstra kurikuler.
Hasil penelitian ini memberikan implikasi secara praktis terhadap pengelolaan karakter mahasiswa berbasis multi intelegensi yang harus dilakukan oleh pihak kampus adalah penguatan dan penerapan program pengelolaan karakter mahasiswa berbasis multi intelegensi dengan mengembangkan kurikulum yang berlaku pada tahun berikutnya, yaitu memasukkan mata kuliah monolitik yang diwajibkan oleh seluruh mahasiswa AMIK Nurmal Luwuk Banggai yang diberi nama matakuliah PRAKERJA. Matakuliah ini wajib bagi semua mahasiswa pada semester .
Kata kunci: Pengelolaan, Karakter Mahasiswa, Multi Inteligensi
Download berkas