Penulis / NIM
NINI A. KIAY DEMAK / 702519009
Program Studi
S2 - KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MARINI SUSANTI HAMIDUN, S.Si, M.Si / 0004057006
Abstrak
Abstrak: Pemodelan Green Parking Yang Berkelanjutan ( Studi Kasus Kampus 4 Universitas Negeri Gorontalo di Bone Bolango).
Sebagai kawasan terbuka pada umumnya area parkir didominasi area perkerasan yang akan dapat menghasilkan iklim mikro dan dampak pada lingkungan yang beragam. Menurut hasil penelitian Shapiro, J. et al. (2015) suhu di tempat parkir tradisional biasanya 20-40 derajat lebih tinggi dari daerah sekitarnya sehingga pada musim panas dapat menimbulkan efek pulau panas atau urban heat island yang membutuhkan energi yang lebih besar untuk mendinginkan bangunan di sekitarnya. Dengan luasnya area perkerasan pada umumnya ini akan juga dapat menyebabkan sangat sedikit sekali air hujan yang bisa diserap oleh tanah dan dengan cepat mengalir di atas perkerasan dengan mengambil polutan yang ada dan membawanya ke saluran pembuangan, dan bila tidak terdapat saluran pembuangan yang baik aliran air hujan ini bisa dengan cepat dapat menyebabkan banjir yang merusak infrastruktur yang ada. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kondisi ruang parkir di Kampus IV UNG Bone Bolango dan membuat pemodelan green parking yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode kuantitatif (pengambilan data pengukuran di lapangan) dengan mengacu pada penelitian deskriptif. Metode kuantitatif yang digunakan berupa pendekatan dengan menggunakan alat ukur dan mengolah data hasil pengukuran tersebut ke dalam grafik dan dilakukan pengkajian untuk diterapkan pada pemodelan green parking pada lokasi studi. Hasil pengamatan, pengukuran dan analisis keadaan lingkungan setempat diterapkan pada model usulan desain green parking yang berkelanjutan yaitu pada penataan vegetasi, area perkerasan, area bioretensi dan pejalan kaki dengan mempertimbangkan karakter parkir berupa akumulasi jumlah parkir pada saat pengukuran dan prediksi jumlah pengguna pada sepuluh tahun ke depan dari penelitian yaitu tahun 2031.
Kata kunci: Pemodelan ; Green Parking; Berkelajutan ; Kampus 4 Universitas Negeri Gorontalo
Download berkas