SKRIPSI

Penulis / NIM
RUSDIN KADJIM / 702616008
Program Studi
S3 - PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk merancang bahan ajar mata diklat Membangun Tim yang Efektif berdasarkan model Elaborasi yang dimulai dari membuat epitome, mengelaborasi bertahap, mensintesis, hingga membuat rangkuman dan 2) Untuk menguji kefektifan produk bahan ajar yang dikembangkan dalam meningkatkan kompetensi peserta pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Teknik pengumpuan data adalah melaksanakan observasi yang dilakukan pada peserta pendidikan dan pelatihan, kepala bidang eselon III dan menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa: a) pengembangan pelatihan berdasarkan model elaborasi (1) Penyajian kerangka isi, yakni menunjukkan bagian-bagian utama materi dan hubungan utama di antara bagian-bagian itu, (2) Elaborasi secara bertahap, yakni bagian-bagian yang tercakup dalam kerangka isi akan dielaborasi secara bertahap, (3) Bagian terpenting disajikan pertama kali, yaitu pada suatu tahap elaborasi apapun pertimbangan yang dipakai, bagian terpenting akan dielaborasi pertama kali, (4) Cakupan Optimal elaborasi, maksudnya kedalaman dan keluasan tiap-tiap elaborasi akan dilakukan secara optimal, (5) Penyajian pensintesis secara bertahap, maksudnya pensintesis akan diberikan setelah setiap kali melakukan elaborasi, (6) Penyajian jenis pensintesis, artinya jenis pensintesis akan disesuaikan dengan tipe isi bidang mata diklat, dan (7) Tahapan pemberian rangkuman, artinya rangkuman akan diberikan sebelum setiap kali menyajian pensintesiss; b) secara keseluruhan hasil yang dicapai peserta yang dilatih menggunakan bahan ajar dengan topik Membangun Tim yang Efektif disusun dengan pengorganisasian isi berdasarkan model elaborasi lebih tinggi dibandingkan dengan peserta pelatihan yang dilatih menggunan bahan ajar yang disusun dengan pengorganisasian isi berdasarkan urutan buku teks. Dari temuan ini disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keefektifan hasil pelatihan dapat digunakan pengorganisasian pembelajaran berdasarkan model elaborasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011