Penulis / NIM
HASRAT A. AIMANG / 702617002
Program Studi
S3 - PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. ANSAR / 0007066002
Abstrak
ABSTRAK
Hasrat A Aimang. NIM: 702617002. Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skill Berbasis Multiple Intelligence Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Luwuk. Disertasi Program Doktor Ilmu Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Promotor : Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd; Co-Promotor 1 Prof. Dr. Ansar, M.Si; Co-Promotor 2 Prof. Dr. Phil Ikhfan Haris, M.Sc.
Penelitian ini bertujuan: (1) mengidentifikasi gambaran kondisi obyektif proses kegiatan pembelajaran soft skills yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Luwuk (2) menghasilkan model pembelajaran soft skill berbasis multiple intelligence mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Luwuk (3) mengidentifikasi implementasi model pembelajaran soft skills berbasis multiple intellegence mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Luwuk (4) mengidentifikasi keefektifan model pembelajaran soft skills berbasis multiple intellegence mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Luwuk.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall, (2003), melalui 8 (delapan) langkah sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi (2) Perencanaan, (3) Mengembangkan produk (4) uji coba pengembangan produk (5) melakukan revisi dari model (6) Pengujian lapangan utama (7) revisi produk operasional (8) diseminasi dan distribusi. Angket digunakan sebagai teknik utama dalam pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis presentase dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) kondisi obyektif pembelajaran soft skill pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Luwuk masih bersifat konvensional, belum menerapkan model pembelajaran tertentu dalam pembelajaran soft skill (2) telah menemukan model pembelajaran soft skill berbasis multiple intelligence dapat bersinergi dan memadukan berbagai kegiatan pembelajaran : Integrasi, Outbound dan Discreet. (3) implementasi model pembelajaran soft skill berbasis multiple intelligence dapat mengembangan soft skill mahasiswa dan memberikan kontribusi terhadap perbaikan system pembelajaran yang menjadi landasan dalam pengembangan model pembelajaran. (4) model pembelajaran soft skill berbasis multiple intelligence yang dikembangkan melalui penelitian ini telah di uji keefektifannya dapat mengembangkan soft skill berbasis multiple intelligence pada mahasiswa.
Kata Kunci: model, pembelajaran, soft skill, multiple intelligence
Ãยข��
Download berkas