Penulis / NIM
ARMIN HALUTI / 702617003
Program Studi
S3 - PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr NURHAYATI ABBAS, M.Pd / 0001116107
Abstrak
ABSTRAK
Armin Haluti. NIM : 702617003. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Assure di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Luwuk Utara. Disertasi Program Doktor Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Promotor : Prof. Dr. H. Hamza B. Uno, M.Pd; Co-Promotor 1 Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd; Co-Promotor 2 Dr. Ismail Djakaria, M.Si.
Penelitian ini bertujuan: (1) memberikan deskripsi Kondisi Awal media pembelajaran matematika yang saat ini digunakan, (2) memberikan Rancangan media pembelajaran matematika berbasis ASSURE, (3) memberikan pengetahuan desain Model pembelajaran matematika berbasis ASSURE yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, (4) mengetahui efetivitas produk model pembelajaran matematika berbasis ASSURE dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar Kecamatan Luwuk Utara.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan Reserch and Development (R&D) Angket digunakan dalam pengumpulan data yang berbentuk kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Statistik Deskriptif untuk menguji keefektifan produk yang dihasilkan.
Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan: (1) Secara umum kondisi objektivitas media yang digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat hanya menggunakan buku ajar dan papan tulis (2) hasil rancanngan media berbasis Assure yaitu analisis peserta didik, menentukan standar dantujuan, memilih media, strategi, menggunakan media, melibatkan siswa dan mengevalusi serta merevisi produk (3) media yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran matematika adapun hasil dari penelitian ini berupa media buatan guru, Buku panduan, dan peningkatan hasil belajar siswa (4) Media buatan guru dan buku panduan efektif berdasar ketuntasan peserta didik sebesar 98% dan hasil respon peserta didik terhadap media sebesar 99,40 serta respon guru 86,95 dari hasil ini dapat disimpulkan media buatan guru dan buku panduan dalam kategori sangat efektif.
Kata Kunci : Media, Pembelajaran, Matematika, Efektifitas
Download berkas